Mahasiswa Tularkan Jiwa Wira Usaha ke Warga Desa

0
256
BAZAR: Mahasiswa Kelompok KKN 28 STIE Pembangunan di Desa Malang Rapat menggelar bazar. F-ISTIMEWA

BINTAN – Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Tanjungpinang menggelar bazar di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang.

Kegiatan itu, mengusung tema ”Pekan Kreativitas Mahasiswa dan Lomba Bazar Ekonomi Kreatif 2017” belum lama ini.

Bazar tersebut, merupakan puncak dari kegiatan KKN kelompok 28 yang dipimpin oleh Dwi Kurniawan serta dosen pembimbing Surya Kusuma SSi M Eng.

Salah satu mahasiswi dari kelompok 28, Rahmalinda menyebutkan, sebelumnya beberapa kegiatan juga digelar seperti acara sosialisasi cuci tangan bersih di SD 004 Gunung Kijang.

Selain itu, sosialisasi terkait perkembangan usaha khususnya kepada pelaku usaha dari kaum perempuan.

Tujuannya, untuk menambahkan wawasan kewirausahaan. Mereka memberikan mulai dari mengatur modal, pembukaan yang mudah serta mengemas hasil produk agar menarik.

”Kegitan itu kita susun, supaya masyarakat bisa mengerti dan bisa menerapkan,” tuturnya.

Memberikan pemahaman penerapan strategi pemasaran yang baik menggunakan teknologi dan e-commerce. Ia melanjutkan, masyarakat juga diajarkan bagaimana menerapkan laporan keuangan sederhana yang mudah di mengerti.

Bagi pelaku usaha mikro ini penting. Agar mengetahui mana modal dan apakah hasil usahanya untung atau rugi. Ia menilai banyak pelaku usaha kecil yang tak tahu berapa untung atau ruginya. Padahal ada cara senderhana dalam pembuatannya.

”Kalau pembuatan laporan keuangan sederhana harusnya para ibu-ibu bisa,” ujar Rahmalinda, mahasiswi Prodi Akuntansi semester 7, Kamis (21/12) kemarin.

Selain itu, kelompok KKN berjumlah 19 mahasiswa, itu juga membantu memasang pipa untuk saluran air cuci tangan bagi murid-murid SD. Kegiatan dilanjutkan sosialisasi kewirausahaan, dengan tema permodalan, pemasaran dan laporan keuangan produksi utk UKM yang ada di Desa Malang Rapat. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here