Mahasiswa UMRAH Donor 88 Kantong Darah

0
267
SUASANA kegiatan donor darah yang ikuti masyarakat Kampus UMRAH yang digelar oleh FKIP-UMRAH di Kampus Senggarang, pekan lalu. f-istimewa/humas umrah

TANJUNGPINANG – Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) bersama organisasi mahasiswa FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), serta Korps Sukarela (KSR) Unit UMRAH menyelenggarakan kegiatan donor darah, Kamis (15/3) di Kampus UMRAH Senggarang.

Kegiatan itu merupakan agenda sosial di lingkungan kampus UMRAH yang diikuti seluruh mahasiswa, dosen dan pegawai kampus dengan mengusung tema ‘Ciptakan Generasi yang Sehat, Donor Darah Cara yang Tepat’.

Dalam hal ini, penyelenggara acara dengan dibantu oleh Unit Donor Darah (UDD) Kota Tanjungpinang. Tujuannya untuk mengajak masyarakat khususnya lingkungan kampus UMRAH agar lebih sadar dan tidak takut untuk mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini juga merupakan salah satu langkah lanjutan dari seminar mengenai pentingnya donor darah yang diselenggarakan, 3 Maret 2018 yang diadakan oleh unit KSR UMRAH.

Ketua pelaksana kegiatan Dedi Irwansyah mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan mampu memberikan manfaat serta membantu segala pihak yang benar-benar membutuhkannya. Sehingga, arti penting dan manfaat dari donor darah tersebut tidak hanya sebatas materi yang didapat dalam seminar.

Namun, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat langsung mengaplikasikan serta merasakan manfaat dari donor darah tersebut.

”Tidak hanya mahasiswa, tetapi para dosen serta staf tata usaha hingga kepegawaian UMRAH turut berpartisipasi dalam mendonorkan darah pada kegiatan ini. Adapun target pendonor dalam kegiatan ini ialah sebesar 80 peserta donor darah. Namun dalam pelaksanaannya, pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya ialah sekitar 88 orang,” terang Dedi.

Berdasarkan hal tersebut, terlihat bahwa semangat dan kesadaran mahasiswa, dosen, serta staff lainnya terkait penting dan sehatnya melakukan donor darah. Hal ini dapat diketahui dari pendonor yang mengaku bahwa, donor darah bukanlah suatu hal yang patut untuk ditakuti.

Dedi mengungkapkan, dengan kegiatan ini pula ia pertama kali mendonorkan darahnya. ”Ketika kita ingin mendonorkan darah, tidak ada yang perlu ditakutkan serta tidak ada rasa sakit yang kita rasakan saat darah kita diambil,” pungkasnya.

Selain itu, Dedi yang juga menjabat sebagai ketua HIMATIKA mengatakan, mengenai perlunya acara seperti ini untuk dapat dilaksanakan pada kesempatan selanjutnya mengingat besarnya antusias dari mahasiswa akan penting dan sehatnya donor darah.

Tidak hanya mahasiswa UMRAH yang berlokasi di Senggarang saja, namun mahasiswa dari kampus UMRAH Dompak juga tidak mau kalah dalam menunjukkan rasa sosialnya dengan melakukan donor darah. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here