Mahasiswa UMRAH Ikuti Upacara HUT RI di KBRI Bangkok

0
201
MAHASISWA UMRAH Tanjungpinang foto bersama usai mengikuti upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Kedutaan KBRI di Bangkok, Thailand. f-istimewa

BANGKOK – Sebanyak 27 orang mahasiswa tahun pertama jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FISIP-UMRAH) Tanjungpinang mengikuti upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok, Thailand.

Upacara yang dipimpin oleh H.E. Mr. Ahmad Rusdi, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand ini digelar di lapangan KBRI Bangkok dan dihadiri ratusan warga negara Indonesia di Thailand.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof. Dr. Mustari, M.Pd sangat berbahagia atas partisipasi mahasiswa UMRAH yang datang dengan mengenakan jaket almamater berwarna biru.

Menurut Ketua Jurusan HI FISIP UMRAH, Desri Gunawan, mengikuti upacara ini merupakan bagian dari kegiatan Studi Ekskursi 2019 ketiga negara Malaysia, Thailand dan Singapura.

”Sebelumnya kami telah mengunjungi University Malaya dan KBRI Kuala Lumpur di Malaysia, lalu kemarin kami mengunjungi Thammasat University,” ujar Desri

Salah seorang Mahasiswa HI FISIP UMRAH, Dodi Lesmana mengungkapkan tujuan dan manfaat kegiatan Studi Ekskursi ini.

”Melalui kunjungan ini kami jadi lebih memahami pergaulan internasional, dan kami menjadi termotivasi untuk nanti dapat magang di Thailand maupun Malaysia,” ungkapnya.

Selain melakukan kunjungan, rombongan yang dipimpin oleh Sayed Fauzan Riyadi ini juga membicarakan perjanjian kerja sama antara UMRAH dengan University Malaya dan Thammasat University.

”Kami berkomunikasi insentif dengan Asia-Europe Institute, University Malaya untuk kerja sama dalam penelitian mengenai ASEAN dan peluang kelanjutan studi di University Malaya. Kemudian dengan Faculty of Liberal Arts, Thammasat University untuk kerja sama riset mengenai Asia Tenggara. Selain itu mahasiswa kami juga diterima bila berkeinginan untuk magang di sana,” jelas Sayed.

Rangkaian kegiatan Studi Ekskursi 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 14-19 Agustus 2019 ini merupakan kegiatan rutin tahunan Jurusan Hubungan Internasional FISIP UMRAH untuk mengenalkan dunia internasional sedini mungkin bagi para mahasiswanya.

Saat ini, UMRAH Tanjungpinang memiliki lima fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Adapun visi UMRAH adalah, menjadi pusat unggulan riset dan budaya maritim yang berdaya saing internasional pada tahun 2040. Sedangkan misinya, Misi UMRAH, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berwawasan kemaritiman yang berbudaya dan bereputasi internasional.

Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya melalui riset dan inovasi berbasis kemaritiman yang bereputasi internasional.

Memanfaatkan dan menyebarluaskan hasil riset dan inovasi yang berwawasan kemaritiman dan bereputasi internasional.

Serta membangun kerja sama institusi dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri untuk mempercepat pengembangan. (mas/abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here