Mahasiswa UMRAH KKN satu Bulan di Daerah

0
296
DOSEN dan mahasiswa UMRAH saat hendak berangkat ke lokasi KKN. f-istimewa/humas umrah tanjungpinang

DOMPAK – Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan X tahun 2019 mulai diterjunkan ke lokasi KKN, Kamis (25/7). Rombongan KKN Angkatan X dengan lokasi Kabupaten Karimun diberangkatkan melalui pelabuhan.

Saat ditemui di lapangan, Kasubag TU Lembaga Pengembangnan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UMRAH, Nurlaila yang akrab disapa Lala ini menerangkan bahwa para mahasiswa ini berangkat pukul 11.00 WIB dengan menggunakan kapal penyeberangan ASDP (kapal Ro-Ro).

Lala yang didampingi stafnya Maya dan Nurdin juga menjelaskan jumlah peserta KKN di Kabupaten Karimun itu berjumlah 60 orang dan terbagi dalam 6 kelurahan/desa.

”Ada 60 orang mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kabupaten Karimun dan dibagi 6 kelompok untuk 6 kelurahan/desa yakni Kelurahan Pamak, Harjosari, Kaveling, Darusalam, Pangke dan Pangke Barat,” ujar Lala.

”Mereka akan melaksanakan KKN ini selama satu bulan. Dimulai hari ini 25 Juli 2019 dan berakhir pada 25 Agustus 2019,” tutup Lala. Setelah rombongan Karimun, selanjutnya giliran rombongan KKN Angkatan X lokasi Kabupaten Lingga yang diberangkatkan ke lokasi KKN.

Sejak pagi para mahasiswa peserta KKN Angkatan X Tahun 2019 penempatan Kabupaten Lingga sudah ramai berkumpul di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura, Jumat (26/7). Tercatat sebanyak 58 orang siap diberangkatkan.

Tampak hadir Ketua LP3M UMRAH Dr. Viktor Amrifo, S.Pi, M.Si didampingi Para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Kasubag TU LP3M dan Staff.

”Saya turut ikut serta dalam keberangkatan rombongan mahasiswa KKN Kabupaten Lingga ini. Kami berangkat pukul 11.30 WIB dengan menggunakan kapal feri Super Jet tujuan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga,” ujar Dr. Victor.

Menurut Viktor, ada 6 desa/kelurahan yang akan menjadi lokasi KKN UMRAH di Pulau Singkep, Lingga seperti Desa/Kelurahan Sedamai, Plakak, Lanjut, Berindat, Tanjung Harapan dan Sungai Lumpur.

Sama dengan peserta KKN di Kabupaten yang lain, peserta KKN di Kabupaten Lingga ini akan melaksanakan program KKN selama satu bulan.

Sekedar diketahui, Universitas Maritim Raja Ali Haji merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah dimana ia bertempat di Provinsi Kepri.

Tidak cuma bagi Kepri sendiri namun juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan Riau-Lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepri.

Dalam perkembangannya, UMRAH yang kini telah disahkan menjadi universitas negeri pertama Kepri berdasarkan Perpres No.53 tahun 2011 ini bercita-cita untuk tumbuh dan terus berkembang dalam menghasilkan lulusan yang cerdas, madani, dan transformatif.

Hal ini yang menjadi unique selling point (Keunggulan) UMRAH dibanding perguruan tinggi lainnya. Namun menjadi universitas terkemuka di bidang maritim merupakan tantangan terbesar UMRAH di tengah persaingan yang sedemikian hebatnya di rantau ini.

Dengan konsistensi segenap civitas akademika UMRAH dan dukungan masyarakat dan dunia usaha tantangan tersebut bisa dilalui oleh kampus hingga menapaki jalan panjang menuju universitas kelas dunia. (mas/abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here