Mahasiswa UMRAH menyelesaikan Misi ENJ Kemenkomar 2019

0
290
MAHASISWA UMRAH yang melaksanakan KKN tematik ENJ 2019 berfoto di pantai bersama pemuda dan anak-anak di Desa Pekajang. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Sebanyak 25 mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) 2019, telah menyelesaikan misi pengabdian dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI yang diselaraskan dengan Kukerta 2019.

Pengabdian tahun ini dilakukan di Pulau Pekajang, Desa Pekajang, Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau diujung selatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Terdapat dua akses untuk menuju ke Pulau Pekajang, pertama menggunakan kapal KM Sabuk Nusantara 48 yang jadwalnya hanya dua minggu sekali.

Setelah itu, menyewa boat nelayan yang memakan waktu 12 jam terombang-ambing di lautan dari Pelabuhan Jago, Dabo Singkep.

Tim KKN Tematik ENJ 2019 menggunakan Transportasi laut kapal KM Sabuk Nusantara 48 selama 2 hari 2 malam.

Selain itu juga, menggunakan boat yang ditempuh selama 12 jam dari Pelabuhan Jago, Dabo Singkep.

Pengabdian kali ini dilakukan selama 26 hari terhitung dari keberangkatan hingga kepulangan Tim KKN Tematik ENJ 2019.

Keadaan Desa Pekajang sangat minim akses transportasi, dengan jadwal kapal hanya dua minggu sekali dan akses jaringan internet serta listrik yang sangat sulit.

Sehingga, membuat Desa Pekajang tertinggal informasi baik dari kabupaten hingga Pusat.

Selama di sana Tim KKN Tematik ENJ 2019, banyak melakukan kegiatan sosial sesuai dengan program kerja dan medan lapangan yang ada.

Desa Pekajang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, mulai dari destinasi pulau-pulau yang indah dan terumbu karang hidup yang pantas dijadikan daerah wisata oleh stakeholder terkait.

Selain itu, Desa Pekajang juga memiliki hasil bumi berupa timah.

”KKN Tematik ENJ 2019 berbeda dengan pengabdian lainnya, di sini kami terasa betul tertinggal informasi dan akses dari luar selama di lokasi, Kami sempat kekurangan logistik karena akses yang sulit. Tetapi kami merasa bangga, oleh karenanya kami akan menerbitkan hasil pengabdian kami didalam sebuah buku. Di dalam buku ini, diharapkan dapat menggambarkan lokasi pengabdian kami,” ujar Evan Roy, selaku Divisi Eksplorasi dan Kajian Maritim KKN Tematik ENJ 2019.

Dengan selesainya pengabdian yang dilakukan oleh Tim KKN Tematik ENJ UMRAH 2019, diharapkan Desa Pekajang lebih diperhatikan oleh Pemerintah Daerah dan diharapkan juga mampu melakukan pendekatan-pendekatan karena Desa Pekajang adalah salah satu lokasi strategis. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here