Mahasiswa Unrika Teliti Mangrove di Barelang.

0
509
WISATA MANGROVE: Kawasan wisata mangrove di Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, kini ramai dikunjungi wisatawan. F-JENDARAS/tanjungpinang pos

Batam – mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) akan meneliti biota laut hutan bakau (Mangrove) di Barelang pekan ini.

Tahun lalu, mahasiswa juga melakukan kegiatan dengan menanaman 3 ribu bibit mangrove di Pulau Panjang, Kecamatan Sebulang, Batam.

Rencana penelitian itu disampaikan Bagus Purda, mahasiswa program studi (Prodi) Biologi yang tergabung di Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (Himpala) bidang konsevasi.

”Rencananya dimulai Jumat (17/2) ini. Kami masih melakukan persiapan dikampus,” ujar Bagus, senin (13/2).

Penelitian sebagai tindak lanjut dari kegiatan penanaman 3 ribu bibit pohon bakau, di 26 titik di kawasan Barelang oleh 609 mahasiswa dari Fakultas Hukum.

Kawasan Barelang dipilih mahasiswa Unrika, dikarenakan area mangrove yang ada di tempat itu rusak akibat penimbunan.

”Setelah ditanami kembali, kami akan meneliti perkembangan biota laut pada area mangrove itu,” jelasnya.

Menurut Bagus, bakau merupakan kawasan ekosistim tempat berkembang biaknya biota laut seperti ikan, udang, sotong dan terumbu karang.

Selain itu, hutan bakau merupakan penghasil atau penyaring udara sehingga dapat menghasilkan udara segar dan befungsi sebagai menahan abrasi pantai.

”Sebagian kawasan mangrove di Barelang telah rusak, dan kami ingin meneliti terhadap pengurangan hasil tangkapan nelayan di kawasan itu,” ungkapnya.

Seperti di Sungai Sranggong, yang sebagian lokasinya telah dilakukan reklamasi oleh pengusaha. Sehingga kawasan mangrove Sranggong rusak, dan berkurangnya tangkapan nelayan setempat.

Penelitian yang berlangsung selama 2 minggu, lanjut Bagus, melibatkan masyarakat setempat, untuk menjaga ekosistim mangrove di lingkungannya.

”Menjaga ekosistem jadi keharusan. Tetapi perlu penindakan tegas soal hukum kepada pelaku pembatatan mangrove,” katanya.

Bagus berharap, pemerintah dan kepolisian benar-benar tegas dalam menegakkan aturan dan hukum tentang perlindungan kawasan mangrove. Agar pencuri kayu bakau jera.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here