Majelis Menolak Eksepsi Apriyandi

0
114
PUTRA Walikota Tanjungpinang M Apriyandi (baju putih) sedang mendengarkan penjelasan majelis hakim. M Apriyandi didakwa melakukan dugaan money politics saat kampanye di pemilu legislatif lalu. f-Istimewa
Majelis hakim menolak eksepsi M. Apriyandi caleg Partai Gerindra dapil Tanjungpinang Timur dengan perkara dugaan politik uang di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Selasa (18/6).

TANJUNGPINANG – Sidang dipimpin hakim ketua Acep Sopian Sauri didampingi hakim anggota Santonius Tambunan dan Eduart Marudud P. Sialoho memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Zaldi Akri dari Kejari Tanjungpinang melanjutkan proses hukum ke tahap pembuktian dengan menghadirkan saksi-saksi.

Majelis hakim menilai kekeliruan pengetikan bukan alasan dakwaan kabur, dimana dalam surat dakwaan tertulis pasal 253 yang seharus 523 Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Surat dakwaan jaksa, menurut majelis telah menguraikan locus dan tempus serta penjelasan yang telah sesuai.

”Mengenai keberatan dakwaan kabur yang diajukan penasehat hukum terdakwa tidak bisa diterima,” katanya.

Kemudian keberatan dakwaan kedua berupa prematur, majelis hakim menuturkan, bahwa hal tersebut sudah masuk materi perkara.

”Pemeriksaan harus dilanjutkan,” sebutnya.

Hakim juga memerintahkan jaksa untuk memperbaiki dakwaan yang awalnya ditulis pasal 253 diperbaiki menjadi 523.

”Jaksa penuntut umum untuk segera mempebaiki kesalah tulis pada pasal, persidangan dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi,” ujarnya.

Sebelumnya, Jaksa penunut umum (JPU) Zaldi Akri dengan dakwaan dugaan politik uang tersebut berawal pada hari Rabu, 10 April 2019 saksi Yusrizal dihubungi saksi Agustinus Marpaung mengajak pergi ke Kantor DPD Gerindra Kepri untuk menemui Apriyandi. Saksi Agustinus juga mengajak saksi Veni Azwar.

Sampai DPD Gerindra, ketiga saksi bertemu dengan terdakwa Apriyandi dan terdakwa menyerahkan tiga kotak amplop dengan jumlah 300 amplop kepada saksi Agustinus.

Pada hari berikutnya sekira pukul 18.30 Wib, dirumah saksi Yusrizal sudah ada saksi Agustinus dan Veni, membagikan amplop kepada Syamsinar Harahap 6 amplop. Tiga amplop untuk saksi Syamsinar dan tiga amplop untuk saksi Dewi Putriyani. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here