Majukan Desa Dengan KKN Kebangsaan

0
581
POSKO: Kantor Desa Malang Rapat, yang menjadi posko KKN Kebangsaan mahasiswa UMRAH pada tahun 2016 lalu. f-ISTIMEWA/DESA MALANG RAPAT

BINTAN- Mahasiswa mesti berperan dalam mengembangkan serta memajukan potensi daerah. Perannya bisa dengan membantu memberikan ilmu kepada masyarakat, untuk mengembangkan potensi di wilayahnya.

Seperti halnya desa di seluruh Bintan, peran yang dilakukan mahasiswa dari 15 universitas di Indonesia lewat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kebangsaan. Sangat membantu, dalam memajukan desa khususnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)

Kepala Desa Malang Rapat, Yusran Munir menjelaskan peran mahasiswa melalui kegiatan KKN di desa yakni telah memberikan ilmu di berbagai bidang.

Khususnya pada peningkatan kualitas SDM serta mengajak warga menggali ide dalam memanfaatkan potensi yang ada di desa. Menurut Yusran, mahasiswa telah mengajarkan penggunaan internet kepada petugas pelayanan di kantor desa.

”Kini masyarakat juga mengerti perkembangan teknologi informasi internet. Dengan internet tentunya masyarakat bisa memperoleh ilmu, dan mampu mengaplikasi untuk pengembangan usaha mandiri. Seperti pengetahuan budidaya ikan, yang ilmu tersedia pada jaringan informasi internet,” ujar Yusran, Minggu (5/2).

Yusran juga menambahkan, pada KKN kebangsaan tahun 2016 lalu adalah kesempatan warga desanya untuk mengenal budaya dari beberapa daerah di Indonesia.

KNN kebangsaan itu, lanjut Yusran, diikuti mahasiswa masing-masing fakultas yang mewakili universitasnya dari setiap daerah di Indonesia. Sehingga selama satu bulan penuh, masyarakat bisa banyak belajar dari mahasiswa itu.

”Di KKN kebangsaan tahun lalu ada empat orang mahasiswa dari Universitas Negeri Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mewakili provinsi Kepri. Mereka masing-masing berbeda fakultasnya, dan bergabung dengan mahasiswa lainnya dari 14 kampus di Indonesia. Ini program yang baik, dan kami dengan senang hati setiap tahunnya menerima mereka,” jelas Yusran.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN kebangsaan tahun lalu, terdiri dari mahasiswa Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Ilmu Kelautan, Politik, Peternakan dan lainnya.

Yusran berharap KKN kebangsaan terus dilaksanakan, dan ingin desanya selalu memperoleh kesempatan menjadi salah satu lokasi KKN bagi mahasiswa. Baik dari Kampus Kepri maupun daerah lainnya.

”Terutama masyarakat saya bisa memperoleh ilmu dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hal itu ntuk meningkatkan taraf perekonomian masayarakat desa, dengan didorong oleh program desa sendiri,” ungkapnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here