Majukan UMKM, Tekad BRI di Ultah ke-124

0
209
Pandu saat mendampingi pejabat Disperdagin Tanjungpinang membuka acara pelatihan 10.000 UMKM di Hotel Comforta Tanjungpinang. f-suhardi

TANJUNGPINANG – Bank Rakyat Indonesia (BRI) sedang berulang tahun ke-124. Sebuah capaian usia yang tak sebentar. Di mana-mana kota, dilangsungkan perayaan. Adapun di Tanjungpinang, BRI memilih menggandeng pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Tanjungpinang dan Bintan sebagai bagian dari perayaan.

Pesta ultah bukan melulu hura-hura. Pihak BRI pun menyadari itu. Oleh karena itu, diajaklah ratusan pelaku UMKM itu mengikuti pelatihan guna memajukan bisnis dan usahanya.

Kepala BRI Cabang Tanjungpinang Raden Pandu Bagja S mengatakan, kegiatan yang diberi tema pelatihan 10.000 UMKM ini berisikan materi tentang administrasi dan manajemen keuangan, entreprenuership, akses perbankan dan e-commerce.

Kepala BRI Cabang Tanjungpinang Raden Pandu Bagja S

“Kami berharap dari pelatihan ini mereka bisa lebih maju dalam memasarkan produk, tidak hanya lokal melainkan marketplace jualan mereka bisa keliling Indonesia,” terang Pandu, di Hotel Comforta, Kamis (21/11) kemarin.

Pelatihan tentu bukan satu-satunya usaha yang dilakukan BRI dalam membuktikan tekadnya memajukan UMKM di Indonesia. Pandu menjelaskan, ada banyak program unggulan perusahannya yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM.

Mulai dari kredit kemitraan atau CSR dengan bunga 3 persen, ada KUR subsidi pemerintah bunga 7 persen, hingga ada pinjaman komersial yaitu calon peminjam yang tidak mendapatkan subsidi.

Apa yang diupaykan oleh BRI untuk memajukan UMKM mendapat atensi baik dari pemerintah daerah. Umi Kalsum dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanjungpinang, berharap komitmen ini bisa berlangsung seterusnya. Sebab, kata dia, persaingan pasar global bagi pelaku UMKM di Tanjungpinang adalah keniscayaan.

“Kita harus bisa bersaing di pasar global,” tegasnya.

Perayaan ultah ke-124 BRI tidak cuma pelatihan. Turut digelar pula Pesta Rakyat Simpedes, Berbagi Suka se-Indonesia di Lapangan Pamedan Ahmad Yani. Di antara konten acaranya adalah BRI 5k Party Run, lomba Mewarnai, festival band, turnamen PUBG, donor darah dan cek kesehatan gratis, lomba swafoto, dan pasar UMKM.

“Acara ini berlangsung seharian, dan malamnya ditutup dengan penampilan artis nasional Jenita Janet,” pungkas Pandu. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here