Makan Malam Bikin Gemuk?

0
857

Oleh: Deden Reinaldi
Mahasiswa Jurusan Teknologi Perikanan UMRAH Tanjungpinang

Berbicara mengenai berat badan menjadi masalah yang sensitif bagi para wanita dan bahkan sebagian pria juga merasa tidak percaya diri jika memiliki berat badan yang berlebihan.

Ada rumor yang mengatakan jika kita makan di atas jam 7 malam dapat menyebabkan kegemukan, benarkah itu, atau hanya sebuah mitos?

Mari kita bahas lebih lanjut di sini.
Sebelum kita membahas mengenai judul artikel ini ada baiknya kita membahas terlebih dahulu apa itu kegemukan. Kegemukan atau obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan yang kemudian menurunkan harapan hidup atau meningkatkan masalah kesehatan, (wikipedia.co.id)

Nah, sebagaimana dikatakan di atas bahwa kegemukan bisa mengancam kesehatan dan bahkan nyawa kita lho. Kembali ke topik kita yaitu mengenai apakah kegemukan bisa disebabkan dari makan di atas jam 7 malam?

Baca Juga :  Perikanan Sebagai Pilar ”Blue Economy”

Kegemukan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor genetik (bawaan orang tua), Hormonal (hormon), pola makan, pola tidur, aktivitas fisik dan lainnya. (klikdokter.com).

Dilihat dari sisi medis, proses kegemukan dijelaskan dalam sebuah teori keseimbangan energi, dimana energi yang masuk ke dalam tubuh manusia melebihi dari energi yang keluar. Lalu apa hubungannya makan malam dengan kegemukan.

Sebenarnya ada benar, makan malam dapat menyebabkan kegemukan jika seseorang itu mengkonsumsi makanan yang melebihi dari kebutuhan asupan energi tubuh.

Tanpa disadari sebenarnya aktivitas setelah makan malam menjadi kunci dari kegemukan yang dikhawatirkan kebanyakan orang, contohnya seperti orang kantoran yang pulang larut malam dan mengkonsumsi makanan namun tidak melakukan aktivitas lagi sehingga energi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan energi yang di masukan.

Siklus seperti ini yang dapat menyebabkan kegemukan pada seseorang, jadi sudah dapat di ambil kesimpulan dari tulisan di atas bahwa mitos atau fakta makan malam dapat menyebabkan kegemukan itu sebenarnya tergantung dari kebiasaan diri sendiri yang tidak teratur dalam menjaga pola dan porsi makan malam.

Baca Juga :  Hari Perempuan, Buah Tangan Perjuangan Perempuan Komunis dan Sosialis

Jadi, bagaimana cara untuk tidak mengalami kegemukan walaupun makan di malam hari?
Menurut Dr. Jesslyn Valentina Jonathan dilansir dari meetdoctor.com mengatakan bahwa disarankan untuk menghindari kebiasaan yang salah saat makan malam yaitu:.
1. Makan malam dengan porsi yang sesuai, menurut USDA saat makan malam diperlukan 450 kalori, berdasarakan angka diet 1.800-2.000 kalori setiap hari untuk wanita. Lanz berpendapat, “Nutrisi makan malam harus ringan, porsi makan yang baik berada di bawah 500 kalori”.
2. Jangan berlama-lama di depan layar (televisi, laptop dan handphone) serta ditemani cemilan. Kebiasaan ini masih menyangkut dengan tidak seimbangannya energi yang diperlukan dan dikeluarkan.
3. Mengonsumsi garam yang berlebihan, ternyata gama dapat natrium berlebiahan bagi tubuh manusia. Ini juga merupakan salah satu faltor dari kegemukan, jadi disarankan untuk mengganti garam dengan rempah-rempah beraroma seperti bubuk lada hitam segar.
4. Usahakan makan di rumah, kenapa? Karena kebanyakan restoran menyediakan makanan dengan jumlah kalori yang tinggi serta lemak dan juga gula yang berlebihan.
5. Setop makanan cepat saji. Makanan cepat saji mengandung kaori, lemak dan gula yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kegemukan.
6. Hindari dessert cake dan es krim. Biasanya setelah makan besar akan ada yang namanya makanan pentutup. Namun kebanyakan orang tidak menyadari bahwa makanan penutup itu memiliki jumlah kalori yang tinggi.

Baca Juga :  Sempat Mengungsi, Agar Warga Merasa Nyaman

Jadi kunci dari ingin tetap tidak gemuk walaupun makan malam adalah dengan menjaga kebiasaan sehat yaitu tidak mengonsumsi makanan berlebihan ketika makan malam, dan patuhi aturan makan malam dengan menjaga porsi makan.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here