Mako TNI AL Diberondong Tembakan dari Udara

0
602

Lantamal IV Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

TANJUNGPINANG –  Dua pesawat tempur tak dikenal menghujani peluru ke Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV ( Mako Lantamal IV) tepat pukul 14.30 WIB, Selasa (20/8). 

Sirine peringatan tanda bahayapun langsung menggelegar. Ratusan prajurit Lantamal IV yang saat itu sedang sibuk dengan rutinitas harian di Mako, langsung  keluar Markas dan berlari menuju gudang senjata yang posisinya tidak jauh dari kantor prajurit.

Dalam waktu lima menit , seluruh  prajurit  Lantamal IV dan Prajurit Batalyon Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan IV), dengan kekuatan penuh sudah bersiaga di setiap sudut dengan senjata serbu siap tembak.

Tak lama berselang, kembali dua pesawat musuh yakni, satu helikopter dan satu pesawat jet tempur melintas terbang rendah di atas Mako Lantamal IV dengan menembakkan serangan senjata dari udara. 

Baca Juga :  Kisruh Taksi Rusak Citra Kepri

Komandan Lantamal IV langsung memberikan komando gencarkan serangan balik kepada musuh. Perintah tersebut membuat prajurit yang sudah siap langsung membalas serangan tembakan dari darat.

Di bawah panasnya terik matahari, baku tembak dari udara dan darat tak terelakkan lagi. Serangan balik Lantamal IV terus mengarah ke pesawat pesawat musuh yang melintas di atas Pangkalan. 

Akibat muntahan peluru pesawat asing dari udara, belasan prajurit Lantamal IV mengalami luka tembak dan terkapar. Tembakan peluru musuh juga mengakibatkan ledakan di gudang perbekalan Lantamal IV. Beruntung petugas bantuan pemadam kebakaran yang tiba di Markas Lantamal IV dibantu prajurit dan pemadam kebakaran  Lantamal IV berhasil memadamkan api, sehingga dapat mengamankan gudang perbekalan dan gudang senjata.

Sekitar dua jam baku tembak dengan pesawat musuh berlangsung. Akhirnya, para prajurit Lantamal IV berhasil memukul mundur dan menjatuhkan satu pesawat musuh.  Sedangkan sejumlah prajurit yang mengalami luka-luka dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk diberikan pertolongan medis.

Baca Juga :  Tokoh Agama Sebarkan Pesan Damai

Peristiwa serangan udara oleh helikopter dan jet tempur ke Mako Lantamal IV merupakan puncak latihan tempur yang di gelar oleh Tim Komando Latihan (Kolat),  Komando Armada I (Koarmada I) selaku tim uji, dan  unsur yang melaksanakan adalah para prajurit  Lantamal IV, dalam rangka untuk kesiapan ancaman serangan musuh yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Sebelumnya simulasi tempur digelar, juga dilaksanakan berbagai latihan antara lain PDD Khas TNI AL, PBB, Peraturan penempatan penjagaan, Dakura PHH, Menembak, Deputasi Pemakaman, Jajar Kehormatan dan Pertahanan Pangkalan serangan bahaya Udara.

Mengutip pernyataan Komandan Pangkalan Utama Angakatan Laut IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P.  pada acara pembukaan Latihan uji terampil Gladi Tugas Tem¬pur Pangkalan (Gla¬gaspur) tingkat P1 dan P2 mengatakan, bahwa latihan tempur pangkalan ini digelar untuk melatih kesiapan dan kesigapan para prajurit dalam mempertahankan  Pangkalan Militer dari serangan darat maupun udara. 

Baca Juga :  Lagi, Tarif Listrik Batam Naik 15 %

“Latihan tempur ini untuk menguji ketrampilan prajurit TNI AL Lantamal IV dalam kesiapan dan kesigapan para prajurit untuk menghadapi  dari serangan musuh, sehingga sewaktu-waktu apabila diserang musuh, seluruh prajurit akan siap mempertahankan markas dan mengalau musuh,” ujar Danlantamal IV seperti dalam rilis yang dikirim Kepala Dispen Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay Selasa (29/8).(*/jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here