Maksimalkan Hasil Tangkapan Nelayan

0
255
Puluhan kapal yang dibagikan pemkab Bintan beberapa tahun lalu. f-dokumen

Laut Cina Selatan kawasan Natuna Kepri semakin memanas karena diklem negara Tiongkok. Selain RI, Filipina,Brunei,Malaysia dan Thailand kena juga. Sebaiknya di kawasan Natuna selain dijaga angkatan bersenjata, perlu difungsikan para masyarakat nelayan dengan mendirikan “Pabrik Ikan Sarden” disana. Komodity ekspor dan kebutuhan lokal perlu dibuat karena hasil ikannya melimpah di samping gas buminya besar. semoga.
+6281364252006

Jangan Cuma Lihat Data
MBS utk mslh bntuan nelayan jgn hnya dilihat dari data ktp nya saja, krn banyak pekerja tetap/org2 yang punya usaha tetap merubah status sosial d ktp nya sebagai nelayan agar dapat “mencuri” hak nelayan2 asli.. d survey dl kerumh masing2, pak..kerja..kerja..kerja..
+6281261636283

TANGGAPAN:
Kekayaan laut Natuna harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ekonomi masyarakat pesisir harus terus ditumbuh dan dikembangkan dengan memanfaatkan potensi laut yang besar.

Saya sudah sampaikan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri untuk memaksimalkan potensi itu. Nelayan-nelayan harus dibantu perlahan-lahan, supaya alat tangkapnya semakin modern dan bisa menjangkau luasnya laut Natuna,” kata Nurdin saat meninjau cold storage di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Selasa (29/5) petang.

Saya melihat langsung seperti apa hasil tangkapan nelayan kita, termasuk di Natuna. Nelayan lokal harus mampu bersaing dengan nelayan luar. Nelayan-nelayan di perairan Kepri ada dari berbagaid aerah sendiri dand ari luar. Ada dari Karimun, Kijang dan Kalimantan. Nelayan menangkap dengan jarak tempuh yang jauh dan berhari-hari.

Pemprov berkomitmen menjadikan nelayan tradisional di Kepri semakin modern. Juga bisa melakukan tangkapan yang lebih jauh dan berhari-hari dengan hasil yang memuaskan. Ini menjadi perhatian kita juga menjadi nelayan lebih baik, dan begitu juga dengan colt storage swasta sangat membantu ekonomi nelayan.(mas)

H Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here