Maksimalkan Peran Generasi Muda di Pembangunan Daerah

0
631
Fitri Halimah

Oleh: Fitri Halimah
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, FISIP, UMRAH

Dalam membangun suatu daerah pada hakikatnya harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga pembangunan yang direncanakan dapat berjalan. Generasi muda marupakan penerus sebuah daerah, kader masyarakat, dan bangsa. Generasi muda sangat berperan penting dalam pembangunan daerah karena generasi muda adalah pemegang estafet kepemimpinan daerah dimasa yang akan datang. Pemuda tidak selalu identik dengan kekerasan dan anarkisme tetapi daya pikir revolusionalnya yang menjadi kekuatan utama.sebab, dalam mengubah tatanan lama budaya bangsa dibutuhkan pola pikir terbaru dan segar.

Perkembangan pemikiran pemuda Indonesia mulai terekam jejaknya sejak tahun 1908. Periodisasinya dibagi menjadi 6 (enam) priode mulai dari priode Kebangkitan Nasional tahun 1908, Sumpah Pemuda 1928.Proklamsi 1945,Aksi Tritura 1966, periode 1967-1998 (Orde Baru). Keberadaan pemuda sangat dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Tentu masih teringat ketika Presiden pertama RI mengatakan dalam pidatonya dengan sangat membara tentang arti penting keberadaan pemuda. “Beri Aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”. Pesan ini seolah memberikan isyarat bahwa keberadaan pemuda sangatlah diharapkan dalam proses pembangunan dalam negara.

Namun,kenyataan nya generasi muda saat ini sungguh sangat memperihatinkan,banyak generasi muda sekarang yang jarang bersosialisasi dengan lingkungan. Seharusnya melalui generasi muda,bisa melahirkan banyak inspirasi untk mengatasi masalah yang ada,terutama masalah pembangunan di daerah yang lebih maju. Posisi generasi muda yag sangat strategis dalam pembangunan daerah,lebih jauh harus diturunkan dalam bentuk nyata.Seperti sifat lahiriahnya generasi muda yang pada puncak mobilitas gerakan paling tinggi,sangat berpeluang mengisi peran perekat antar daerah. Pola gerakan yang memadukan antara mobilisasi kepentingan masyarakat kedalam kebijakan pembangunan daerah politik masyarakat lokal,dan peningkatan kapasitas aparat pemerintahan daerah,tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pilihan gerakan generasi muda pada tingkat lokalitas.

Bagi bangsa generasi muda merupakan faktor terwujudnya kekuatan potensial yang selalu menunjukkan kehadirannya dalam setiap peristiwa sejarah perjuangan bangsa.Generasi muda sebagai bagian yang tak terpisahkan dari lapisan bangsa ini yang di kenal sebagai tulang punggung masayarakat tentu mempunyai kewajinan besar untuk mengemban perbaikan banga dan daerah ini. Generasi muda sekarang harus lebih maju dan lebih gigih dalam memperjuangkan kemajuan bangsa dan daerah. Oleh karena itu generasi muda tidak lagi hanya dalam posisi berpangku tangan kepada pemerintahan daerah, namun untuk bersama-sama berperan membangun daerah. Oleh karena itu,generasi muda sebagai kaum yang mendominasi populasi terbanyak untuk saat ini, harus mengambil peran dalam membangun suatu daerah agar lebih maju.sudah saatnya generasi muda menepatkan diri sebagai agen dalam melakukan perubahan. Menginisiasi dan mendorong konsep pembangunan daerah dalam desentralisasi ini,sangat terbuka bagi generasi muda.generasi muda harus mampu mengetahui tanda-tanda keadaan saat ini, guna mendorong kesadaran semua anggota masyaratat untuk terlibat dalam pembangunan daerah.

Generasi muda yang tergabung dalam berbagai organisasi kemasyarakatan atau organisasi kepemudaan memiliki posisi penting dalam pembangunan daerah.mereka mamahami dengan baik kondisi daerah dari berinteraksi dengan masyarakat dan menjadi pengalaman untuk melakukan pembangunan daerah. Sejalan dengan semangat desentrialisasi, dengan pelimpahan kekusaan dan wewenang yang lebih luas kepada pemerintah daerah, membuka kesempatan bagi setiap masyarakat untuk ikut dalam pembangunan daerah.

Generasi muda harus memposisikan diri dan mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini. Secara prinsip, peran generasi muda senantiasa mengisi ruang kosong dalam masyarakat, yakni berperan secara alamiah dalam kepelaporan potensi dan sumber daya yang ada pada masyarakat. kepemimpinan menghasilkan jiwa kepeloporan dalam melakukan perubahan masyarakat menuju yang lebih baik. Kemudian secara khusus peranan generasi muda yang ada di kepulauan riau harus lebih mengacu kepada upaya membangun sumber daya manusia dan meningkatkan sumber daya alam yang ada di kepulauan riau agar dapat mendukung pembangunan daerah sehingga membuat generasi muda sebagai center dari kemajuan daerah, bertugas untuk mangadakan perubahan-perubahan dalam masyarakat kearah yang lebih baik lagi dimasa mendatang dan memberikan motivasi dan mendorong masyarakat lainnya untuk tetap maju bersama dalam membangun dan mengembangkan daerah,sehingga mencapai pembangunan yang lebih maju dan sejahtera.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here