Malam Apresiasi SMRS Bakal Semarak

0
614
ZIARAH: Pegawai Daerah Kota Tinggi Johor, Tn Hj Mohd Noor Azam bin Dato Osman bersama 33 PSM Bukit Tinggi saat ziarah ke makam Sultan Mahmud III di Daik.f-dok/tanjungpinang pos

Mengenang Jasa Besarnya Melalui PPTMA

Penyematan gelar Pahlawan Nasional bagi Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) yang
mendapat gelar Sultan Mahmud III saat ini sedang proses.

LINGGA – NAMUN, berkemungkinan besar tokoh besar tersebut akan mendapat gelar ini mengingat Tengku Husein, keturunan ke-7 SMRS sudah diminta bersiap-siap menerima penghargaan di Istana Negara.

Saat penyerahan gelar Pahlawan Nasional nanti, Tengku Husein berharap didampingi Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Bupati Lingga Alias Wello bersama anak dan menantunya.

Meski belum ada keputusan resmi dari Presiden RI tentang pemberian gelar Pahlawan Nasional ke SMRS, namun Pemkab Lingga telah menjadwalkan acara apresiasi kepada SMRS atau Yang Dipertuan Besar Kesultanan Riau-Lingga-Johor-Pahang (1761-1812) tersebut. Malam apresiasi ini sebagai ucapan terimakasih atas perjuangan SMRS yang dilakukannya semasa memerintah Kesultanan Lingga mengusir penjajah.

Baca Juga :  Takjub! Berbagai Suku Kompak Gotong Royong Bareng Polisi di Penyengat

SMRS sebagai pahlawan besar pada ajang Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA), 17-16 November nanti. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Lingga, M Ishak, Jumat (3/11). ”Kami tidak ingin mendahului. Meski nantinya Sultan Mahmud Riayat Syah belum berkesempatan menyandang gelar Pahlawan Nasional, namun malam apresiasi Sultan Mahmud Riayat Syah tetap dilakukan untuk memperingati jasanya mempertahankan Kesultanan Lingga,” kata Ishak.

Berdasarkan informasi yang beredar di lingkungan istana, tiga nama tokoh perjuangan di Indonesia telah disodorkan ke Presiden RI untuk mendapatkan keputusan penetapan gelar Pahlawan Nasional. Salah satu tokoh tersebut adalah Sultan Mahmud Riayat Syah. ”Kami optimis dan bersyukur dengan hal ini. Perjuangan panjang sejak tahun 2013 mengusulkan Sultan Mahmud sebagai Pahlawan Nasional kini membuahkan hasil,” kata Ishak.

Baca Juga :  Nelayan Diminta Beli Kapal Besar

Ishak mengaku, sebagai bentuk apresiasi dan menjunjung Sultan Mahmud Riayat Syah, pada malam 20 November 2017 sempena hari jadi Kabupaten Lingga dan memeriahkan PPTMA akan dilakukan malam apresiasi dan syukuran Sultan Mahmud Riayat Syah III sebagai Pahlawan Besar.

”Kita belum boleh menyebut sebagai pahlawan nasional karena belum dilantik. Tapi apabila menjadi pahlawan nasional, kata-kata besar itu akan berubah menjadi nasional. Pokoknya dalam konsep kita, jadi tak jadi dia (Sultan Mahmud) sebagai pahlawan nasional, kita tetap bersyukur. Dia itu adalah pahlawan besar gerilya laut,” imbuhnya.(TENGKU MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here