Mancing Tamban Mania (MTM) Digelar 2019

0
330
BEBERAPA warga Desa Tiangau saat memancing tamban di pelantar. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Masyarakat Desa Arung Hijau, Desa Tiangau di Kecamatan Siantan akan menggelar event Mancing Tamban Mania (MTM) pada tahun 2019 mendatang.

Hal itu untuk mendorong peningkatan pembangunan wisata anambas.

Tokoh Masyarakat Desa Tiangau Kecamatan Siantan Tamar Johan mengatakan, event tersebut digelar sebagai salah satu daya tarik agar kunjungan wisata ke Desa Tiangau semakin meningkat.

”Insya Allah lomba mancing tamban dan membuat kuliner, dengan bahan dasar ikan tamban akan kita gelar tahun depan,” kata Tamar, Selasa (11/12).

Lomba mancing ini lanjut Tamar berbeda dengan lomba mancing ikan di tempat lain, karena objek yang dipancing itu ikan tamban ikan yang kecil.

Selain itu ikan tersebut naik ke pantai pada waktu-waktu tertentu, apabila masuk musim utara maka ikan tersebut akan kembali ke laut.

”Seperti saat ini sudah sejak sebulan belakangan ini, ikan tamban banyak dijumpai didekat pelabuhan Tiangau. Di Anambas itu ada tiga tempat yang biasanya ikan tamban senang naik yakni di Jalan SP, Tanjung Lambai dan Desa Tiangau. Namun tahun ini hanya di Desa Tiangau yang ada,” tuturnya.

Lebih jauh Tamar mengungkapkan, pihaknya akan berupaya mendorong event mancing tamban ini menjadi even tahunan dan menjadi agenda tahunan pariwisata Anambas. ”Target kita adalah bagaimana mendorong ini menjadi salah satu event daya tarik wisata, karena di Arung Hijau selain memiliki keunikan ikan tamban ini juga memiliki pantai serta taman bacaan,” bebernya.

Tamar menambahkan, ikan tamban merupakan ikan dengan keunikan tersendiri karena dengan tubuhnya kecil juga memiliki rasa yang gurih apalagi kalau dibakar dan dimakan selagi hangat.

Cara memancingnya juga beda, karena tidak memakai umpan. Hanya dengan mata kail yang banyak yang diikatkan bulu atau pun sisik ikan yang mampu memantulkan cahaya yang tampak seperti umpan. Teknik itu, dinamakan dengan menggunakan rawai yang kini juga tersedia di toko pancing.

”Paling penting ikan tersebut hanya boleh ditangkap dengan cara memancing apabila ditangkap dengan jaring maka ikan tersebut akan lari dan tidak akan datang lagi ketempat tersebut. Maka dari itu apabila di arung hijau ada yang berani menjaring maka akan dikenakan hukuman di sini,” tutupnya. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here