Mandiri Bintan Maraton, Perputaran Uang Rp27 Miliar

0
239
Gubernur Kepri Isdianto saat melepas peserta Mandiri Bintan Marathon, Minggu (8/9). F-Jendaras Karloan/Tanjungpinang pos

BINTAN – Tercatat 3.200 peserta Mandiri Bintan Maraton 2019. Peserta dari 38 negara. Bahka di detik-detik pelaksanaan banyak peserta yang melakukan pendaftaran secara offline dan ikut berlari bersama para peserta lainnya.

Ivent yang dibuka dengan beberapa kategori yaitu Kategori 42 kilometer untuk elite, full marathon terbuka serta full marathon nasional, semuanya terbagi untuk pria dan wanita. Kemudian untuk kategori half marathon 21 kilometer terbuka dan juga nasional untuk pria dan wanita. Kemudian ada kategori half marathon 10 kilometer terbuka dan nasional untuk pria dan wanita serta kategori family run untuk anak dan orangtua yang diikuti secara berpasangan.

Abdul Wahab, General Group Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) menyambut baik kenaikan jumlah peserta Mandiri Bintan Marathon 2019 ini. Menurutnya dengan kenaikan ini akan memberikan dampak yang sangat besar bagi perputaran ekonomi.

“Kami asumsikan ada 3.200 peserta saja dan rata-rata mereka membawa keluarga dan juga official. Dari satu atlet diperkirakan menghabiskan biaya paling sedikit Rp8 juta. Itu termasuk transportasi, makan, akomodasi dan lainnya. Kali kan saja 3.200 peserta, jumlahnya mencapai Rp27 miliar saat pelaksanaan ini, itu hitungan asumsi paling sedikit,” katanya.

Untuk itu, pihaknya dalam waktu yang akan datang akan terus melakukan promosi untuk memeriahkan Mandiri Bintan Maraton, termasuk promosi ke Singapura dan seluruh Indonesia. Juga promosi ke wilayah lainnya termasuk Tiongkok.

Goverment Bisnis Head Region 1 Bank Mandiri, Isnaeni Subekti mengatakan, pihaknya memberikan dukungan kepada kegiatan ini, sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

“Kami ada empat poin misi mendukung Mandiri Bintan Marathon ini. Pertama membantu sektor pariwisata Bintan agar berkembang terus. Kedua mendukung pola hidup sehat baik untuk wisatawan maupun masyarakat,” sebutnya.

Ketiga, lanjutnya, pihaknya selalu mendukung pemerintah, baik pemerintah daerah agar dapat terus maju dan meningkatkan destinasi wisata internasional yang mendunia. Keempat adalah mendukung sisi sektor ekonomi agar meningkat secara signifikan.

“Kami juga mendukung Yogyakarta Marathon dan Banyuwangi marathon. Terbukti pada dua iven tersebut nilai transaksi keuangan di wilayah tersebut meningkat drastis. Kami yakin jika transaksi keuangan terus meningkat, maka ekonomi juga akan meningkat dan berdampak luas untuk masyarakat,” sebutnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Wan Rudi Iskandar mengatakan adanya banyak ivent akan meningkatkan kunjungan wisatawan dan juga meningkatkan pendapatan daerah.

“Saat pelaksanaan ivent maka tingkat hunian juga akan penuh. Dimana diketahui pajak hotel dan restoran adalah pajak yang langsung masuk ke daerah dan memberikan PAD langsung ke Bintan. Jika banyak hunian, maka PAD akan terus meningkat,” sebutnya.

Ia juga berharap dengan semakin banyaknya peserta Mandiri Bintan Marathon, ke depannya Mandiri Bintan Marathon akan menjadi marathon terbesar di Indonesia seperti di Bali.

Pada pelaksanaan Mandiri Bintan Marathon 2019 juga dihadiri oleh Gubernur Kepri Isdianto dan jajarannya, pejabat tinggi Bank Mandiri, Pejabat PT BRC, Ketua PASI Kepri Jasman, Event Partner Orange Room Elvin Ting, Mangara CEO Medianusa Permana dan Mandiri Bintan Marathon Ambassador. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here