Manfaatkan Guru Honor yang Gajinya Tak Layak

0
428
Siswa BELAJAR: Siswa SMPN 10 Tanjungpinang saat belajar di kelas beberapa waktu lalu. f-martunas/tanjungpinang

Pemko Kekurangan Guru SD dan SMP

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang mengaku masih kekurangan guru untuk tingkat SD dan SMP. Jumlahnya sekitar 465 orang. Ini terdiri dari berbagai mata pelajaran (Mapel). Ini dikaranakan, tiga tahun terakhir ada sekitar 150 guru tingkat SD dan SMP yang pensiun. Ini tidak diimbangi dengan ada penerimaan Calon Aparatus Sipil Negara (CASN) untuk formasi guru. Hal ini dikatakan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (20/7).

”Kekurangan gurunya sekitar 465 orang untuk tingkar SD dan SMP. Ini kita ambil angka maksimumnya,” ucap Lis di sela selesai menghadiri acara halalbihalal antar guru SD se Kota Tanjungpinang di Hotel Comfort Tanjungpinang berada di Jalan Adi Sucipto, Km 10 Tanjungpinang kemarin. Terkait kekurangan guru sudah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Lengkap dengan formasi yang dibutuhkan.

Hanya saja, seperti yang sudah disampaikan Presiden RI, Joko Widodo bahwa CASN belum dibuka, atau masih dilakukan moratorium. Bukan hanya mengirimkan surat, ia juga sudah melakukan pertamuan dengan Menteri PAN-RB, Asman Abnur. Dia berharap, dalam waktu dekat ini MenPAN-RB sudah membalas surat yang dikirim Pemko Tanjungpinang. Sehingga kekurangan guru SD dan SMP bisa langsung diatasi secepatnya. ”Tahun ini kita belum ada buka untuk guru honorer. Mudah-mudahan tahun depan,” sebut dia.

Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Maskur Tilawahyu mengaku prihatin dengan kekurangan guru. Tentu proses belajar-mengajar di sekolah tidak efektif. Menutupi kekurangan guru, Pemko memanfaatkan tenaga guru honor, hanya saja terkait gajinya banyak yang belum layak. ”Kita berharap Pemko memperhatikan gaji para guru honor. Jangan sampai ada yang masih menerima di bawah Rp 500 ribu. Ini tidak manusiawi,” ungkapnya. Menurutnya, ia mengwakili DPRD memastikan tidak akan mencoret mata anggaran untuk gaji para guru honor.(ANDRI-DESI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here