Manfaatkan Halaman Masjid

0
1023
Masjid raya: Masjid raya Dompak tampak dari depan. f-SUHARDI/TANJUNGPINANGPOS

MBS MENARA mesjid raya nurilahi dompak akan dipasangi lift. Agar dpt melihat kota tpi alangkah mubazir menurut saya, krn dr halaman mesjid kita dpt melihat jelas seluruh kota tpi. Hal ini terkesan bodoh. Cukup halaman mesjid aja yg dibenahi dan di buka untuk umum.
081372337575

Percantik Mesjid dan Surau
Mesjid dan surau yg ada di tpi, harus direnovasi lebih menari sesuai dg zaman agar nyaman bila digunakan oleh umat muslim,tak perlulah meneruskan pembangunan mesjid tepi laut yg pernah digadang2kan. Jangan kalah pula dg mantan bupati bintan pak Ansar.
085264461888

TANGGAPAN:
Pemprov Kepri saat ini sedang fokus di pengerjaan menara Masjid Raya Nur Illahi, Pulau Dompak yang rencananya akan dibuka untuk umum sebagai daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang. Saat ini sudah mulai pengerjaannya. Kini masih fokus di lantai dasar, rencana untuk naik ke atas menara itu. Kita juga akan siapkan lift.

Baca Juga :  Macet di Jam Tertentu

Sesuai kontrak kerja pengerjaannya akan selesai pada Desember 2017 mendatang. Selanjutnya tahun depan akan direvitalisasi kembali pengerjaan proyek yang ada di bagian gedung-gedung yang ada di sekitar masjid tersebut. Termasuk pengerjaan lapangan parkir termasuk jalan raya.

Perbaikan menara masjid Nur Illahi tersebut supaya, menjadi magnet para wisatawan yang berkunjung dan menggelar salat di masjid tersebut. Banyak masyarakat dari berbagai daerah termasuk luar Kepri yang sudah memanfaatkan landmark masjid dan jembatan untuk berswafoto bersama kerabat dan keluarga mereka.

Hal ini merupakan salah satu rangsangan pemerintah untuk secara pelan-pelan memperbaiki serta melengkapi sarana infrastruktur yang tersedia supaya para pengunjung tetap betah dan datang kembali ke Pulau Dompak ini. Ia pun sempat membeberkan, bahwa untuk pembangunan menara dan beberapa gedung di masjid tersebut pemprov Kepri menyiapkan anggaran miliaran untuk pembangan lift dan gedung.

Baca Juga :  Ayo Perangi Sampah

Untuk Penataan dan Perbaikan Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, sekitar Rp 2,2 miliar. Serta Pembangunan Dinding Penahan Tanah Masjid Raya Dompak sekitar Rp 9,6 miliar. Rehabilitasi Masjid Raya Pulau Dompak sekitar Rp 1,85 miliar. Seluruh proyek ini sudah selesai lelang dan kontrak kerja.

Untuk menjadikan masjid tersebut terang benderang serta lift di menara itu aktif, membutuhkan sedikitnya 1 sampai 2 Mw tenaga listrik. Lift-nya sudah ada tapi, masih diperbaiki karena sudah lama tak digunakan. Kini banyak atap serta lantainya yang sudah bocor-bocor. Serta lantai dasarnya yang harus diperbaiki lagi. Untuk pengerjaannya secara keseluruhan kami dikasih tempo sampai 150 hari kerja. Kami mohon masyarakat untuk memantau bersama.

Baca Juga :  Kapan Buka Lowongan CPNS?

Masih banyak proses yang menjadi tugas dan tanggung jawab kontraktor yang diberi tugas mengerjakan proyek itu hingga selesai. Misalnya untuk menara yang tingginya hampir 60 meter itu, nanti setelah selesai difungsikan, sebelumnya harus melewati loading test. Jadi tak langsung di buka untuk umum. Karena di sini anginnya cukup kuat, kami sangat mengedepankan keselamatan para pengunjung.

Pemprov berharap Masjid Nur Illahi ini bisa menjadi ikon wisata religi unggulan bagi wisatawan yang datang ke Tanjungpinang. Jadi tidak hanya ada landmark jembatan I sebagai ikon baru, melainkan ke depan menara masjid ini pun bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kepri. (ais)

Heru Sukmoro
Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Pemprov Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here