Manfaatkan Mahasiswa Jadi Penyuluh Pertanian

0
441
BUPATI Lingga H Alias Wello dan tamu undangan dari Kementan RI dan mahasiswa pertanian saat penanaman padi serentak belum lama ini.F-ISTIMEWA

LINGGA – Bupati Lingga H Alias Wello merespon positif, terkait minimnya tenaga penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Lingga. Menurutnya, saat ini masyarakat dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Lingga.

”Saat ini, kabupaten yang mengembangkan empat sektor unggulan tersebut baru memiliki 5 tenaga penyuluh. Dari 5 tenaga tersebut, baru 3 yang mendapatkan SK dari Bupati Lingga. Ke depan akan kita gunakan mahasiswa program D1 IPB yang akan selesai pada akhir tahun nanti. Mudah-mudahan nantinya akan terbantu,” kata Awe, panggilan akrab Alias Wello, kemarin.

Baca Juga :  Kepala Sekolah Tilap Uang Makan Guru

Ia menjelaskan, dirinya juga akan melihat pola dan regulasi terhadap tenaga penyuluh tersebut. Apakah nantinya akan dapat dianggarkan di APBD-P atau malah sebaliknya, dan penyuluh pertanian mutlak harus dimiliki untuk memajukan pertanian Lingga.

”Kalau APBD-P kita lebih cepat dari tahun sebelumnya, berarti kita harus melakukan ploting anggaran untuk program D1 ini dijadikan sebagai tenaga penyuluh,” katanya.

Awe menambahkan, dengan adanya ratusan mahasiswa KKN STPP Medan, Malang dan Bogor di Kabupaten Lingga, diharapkan dapat membantu sedikitnya tenaga penyuluh yang ada. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here