Mantan Camat Kundur Jadi Saksi Kasus Pungli

0
356
AKP Lulik Febyantara.

Mantan Camat Kundur Sukari, Senin (5/3) mendatangi ruang pemeriksaan unit lidik Sat Reskrim Polres Karimun. Kedatangannya untuk dimintai keterangan oleh pihak penyidik Polres Karimun terkait dugaan tindak pidana Pungutan Liar (Pungki) di Kantor Camat Kundur Jumat (2/3) sore lalu.

KARIMUN – ”Keterangan saudara Sukari yang saat ini menjabat Plt Kadispora dipandang perlu untuk didengar oleh penyidik. Terkait dugaan tindak pidana pungli di Kantor Camat Kundur, pada bidang pelayanan penerbitan registrasi tanah. Sebagaimana pengakuan dari Sa. Ia masih berkoordinasi dengan mantan Camat Kundur,” kata AKP Lulik, Kasat Reskrim Polres Karimun didampingi Kanit, Iptu Binsar Samosir, Senin (5/3).

Selain Sukari, penyidik akan memintai keterangan Camat Kundur saat ini Saipol rerta dua orang yang sedang mengurus registrasi tanah.

Tidak menutup kemungkinan, akan ada beberapa orang yang dianggap perlu dimintai keterangan termasuk staf atau pegawai lainnya di kantor Kecamatan Kundur tersebut.

Menurut pendataan, ada puluhan orang pemohon untuk registrasi tanah. Diduga Sa, melakukan pemungutan sejumlah uang untuk keperluan pengurusan registrasi tanah milik warga.

Sementara uang tersebut, tidak termasuk dalam kategori Penerimaaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akibatnya diduga telah terjadi tindak pidana pungli.

”Kami terus memantau seluruh pelayanan publik di kabupaten Karimun ini. Upaya ini menghindari terjadinya kemungkinan adanya pungutan liar. Sehingga masyarakat tidak menjadi korban, seperti yang dialami pemohon register tanah di Kecamatan Kundur,” tambah Lulik.

Tersangka Sa diamankan pada Jumat (2/3) sore di kantor Camat Kundur. Dari laci, turut diamankan berkas dan sejumlah uang Rp 7 juta yang diduga hasil pungutan liar dari pemohon registrasi tanah.

Untuk pemeriksaan lanjutan, Sa saat ini diamankan di Mapolres Karimun. Terungkapnya Sa, menambah jumlah aparat pelayanan publik yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Karimun pada tahun 2018.

Sebelumnya telah diamankan, oknum pegawai PT PLN (Persero) Rayon Tanjung Balai Karimun beberapa waktu lalu.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here