Marathon Perbankan Jaring Wisman

0
274
LOMBA lari 10 K yang digelar Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Kepri di Nuvasa Bay Nongsa, Batam,(17/3). F-ISTIMEWA/tanjungpinang pos

BATAM – Badan Musyawarah Perbankan Daerah Kepulauan Riau (BMPD Kepri) menggelar marathon 10K. Lomba lari 10 kilometer diharapkan, dapat mendorong promosi daerah wisata di Batam. Kehadiran peserta dari luar daerah berpotensi meningkatkan pengetahuan atas potensi wisata di Batam.

Kegiatan ini dilaksanakan di daerah wisata di Nuvasa Bay Nongsa, Minggu (17/3). Marathon dimulai pukul 06.00 WIB. Rutenya yakni mengitari kawasan Nuvasa Bay sampai ke Kebun Raya Batam. Jalur yang dilewati pelari menyuguhkan pemandangan pantai yang indah dengan pepohonan yang rindang.

Ketua bidang olahraga BMPD Kepri, Daniel Samson mengatakan, peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sekitar 1.000-an orang. Termasuk di dalamnya dari internal BMPD, sekitar 500 peserta. Khusus untuk 600 finisher, mendapat medali.

”Kita gelar kegiatan ini, untuk membantu promosi parawisata Batam,” katanya.

Kepala Dinas Parawisata Batam, Ardiwinata yang hadir pada kesempatan itu, menyampaikan apresiasi keterlibatan dunia perbankan dalam dunia parawisata. Diakui, untuk meningkatkan dunia parawisata, peran perbankan sangat penting. Karena terkait dengan transaksi wisatawan dengan dunia usaha.

”Kegiatan hari ini sangat penting dan menunjukkan, sinergitas antaraperbankan, pelaku usaha di bidang pariwisata dan masyarakat serta pemerintah,” kata Ardi.

Kegiatan mudah mudahan itu bisa menjadi agenda rutin yang dilaksakana. Jika kegiatan itu digelar secara rutin, maka akan menarik kehadiran wisman dari Singapura lebih banyak. ”Kalau ini bisa dilakukan tiap rutin, bisa jadi agenda rutin parawisata. Itu bisa kita bantu promosi,” ujarnya.

Menurut mantan Kabag Humas Pemko Batam ini, pemilik penginapan seperti hotel dan restoran, bisa membantu promosi. Selain itu, bisa memberikan insentif berupa diskon penginapan, bagi peserta lomba lari dari luar negeri dan luar Batam.

”Selain mengikuti lomba, warga negara asing dan dalam negeri, bisa lebih mengenal daerah wisata di sini Batam,” harapâ Ardi.

Ketua BMPD Kepri yang juga Kepala Bank Indonesia (BI) Kepri,, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda pertama kali bagi BPMD Kepri.

Mereka ingin ikut berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata di Kota Batam.

”Kami ingin mendorong pariwisata di Kota Batam melalui event sport tourism ini,” kata Gusti.

Lomba dilaksanakan dalam dua kategori, yakni peserta perempuan dan laki-laki. Total hadiah yang disiapkan bagi para pemenang sebesar Rp30 juta. Ada juga hadiah hiburan atau doorprize.

Disampaikan, lari merupakan olahraga yang sederhana dan disukai banyak orang. Sehingga agenda perlombaan seperti ini bisa mendatang wisatawan tak hanya domestik tapi juga mancanegara.

”Ini untuk mendongkrak pariwisata di Kepri. Terutama untuk meningkatkan tingkat hunian hotel. Saat ini tingkat hunian di Kepri belum sampai dua hari. Oleh karena itu harus dicari cara bagaimana turis bisa lama lama di Batam,” imbuhnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here