Maret, Pelabuhan Bongkar Muat Diresmikan

0
698
KAPAL barang bersandar di pelabuhan bongkar muat Pelantar II Tanjungpinang, belum lama ini. Pelabuhan ini bakal diresmikan, pertengahan Maret mendatang.f-raymon/tanjungpinang pos
Pemprov Kepri segera meresmikan pembangunan pelabuhan bongkar muat penghubung Pelantar I ke Pelantar II, Tanjungpinang. Dinas Perhubungan Kepri menjadwalkan, proyek tahun anggaran 2018 ini, akan diresmikan Maret 2019 nanti.

TANJUNGPINANG – PEMBANGUNAN fisik pelabuhan bongkar muat di Pelantar II Tanjungpinang sudah selesai, sejak akhir tahun 2018 lalu. Namun, sarana pelabuhan untuk dimanfaatkan bagi pengusaha atau kapal barang tersebut, masih dalam masa perawatan. Meski demikian, sejumlah kapal barang sudah memanfaatkan pelabuhan ini untuk bongkar muat barang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Jamhur Ismail menyampaikan, pelabuhan bongkar muat Pelantar II tersebut dibangun untuk fasilitas bongkar muat barang, bagi kapal pedagang atau pengusaha tempatan. Selama ini, aktivitas bongkar muat di pelantar menghabiskan waktu yang cukup lama, akibat antre. Sebab, pelabuhan lama itu sangat pendek.

Baca Juga :  KNRP Kepri Buka Posko Kurban untuk Palestina

”Makanya, Pemprov Kepri membangun pelabuhan bongkar muat di Pelantar II itu, dengan panjang yang mencapai 230 meter ditambah area parkir mencapai 20 meter.

”Sekarang, pembangunan fisik pelabuhan Pelantar II itu sudah siap,” jelas Jamhur Ismail, kemarin.

Pembangunan pelabuhan bongkar muat di Pelantar II ini, sebut Jamhur, menggunakan dana APBD tahun 2018 Provinsi Kepri senilai kurang lebih Rp10 miliar, plus Rp1,1 miliar dari dana APBD Kota Tanjungpinang.

”Tahun 2019 ini, tidak ada kegiatan kita untuk melanjutkan pembangunan pelabuhan di pelantar itu,” ungkapnya.

Baca Juga :  TMB akan Tertibkan PKL

Meski demikian, Jamhur mengatakan, pelabuhan bongkar muat di Pelantar II sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

”Sekarang ini, sudah difungsikan oleh masyarakat Tanjungpinang, pelabuhan barang Pelantar II itu. Nah, rencananya, pelabuhan ini akan diresmikan, pertengahan Maret nanti, oleh Pak Gubernur Kepri,” ujar Jamhur Ismail.

”Meski sekarang ini belum diresmikan, silakan saja dimanfaatkan pelabuhan itu untuk kepentingan umum, seperti bongkar muat barang,” sambungnya.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here