Mari Nonton Gerhana bersama Gubernur

0
859
Masjid Raya Nur Ilahi di Pulau Dompak.F-Suhardi/tanjungpinang pos

DOMPAK – Peristiwa Supermoon dibarengi gerhana bulan, Rabu (31/1) malam ini mendapat perhatian dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Dijadwalkan, gubernur akan menyaksikan fenomena langit ini di Masjid Raya Nur Ilahi Dompak.

Datang bukan sekadar menyaksikan, gubernur juga akan ikut menunaikan salat sunnah kusyuf (gerhana) bersama para pegawai pemerintah, pengurus organisasi Islam, dan juga sejumlah tokoh masyarakat. Terbuka juga bagi masyarakat umum yang ingin ikut bergabung dalam saf salat dan menyaksikan fenomena Supermoon dan gerhana bulan malam nanti.

Baca Juga :  Goro Selesai, TMMD di Sembulang Ditutup Danlantamal

Kepala Kemenag Tanjungpinang, Erman Zaruddin menyampaikan, sudah diedarkan imbauan bagi warga muslim agar menunaikan salat sunnah gerhana nanti malam.

“Saya sudah surati seluruh pengurus masjid, pelajar se-Tanjungpinang, untuk sama-sama menyaksikan ini dengan salat gerhana. Di Tanjungpinang ada dua lokasi, pertama masjid Dompak, dan masjid Alhikmah, Tanjungpinang. Kalau ada masjid lainnya yang inisiatif melaksanakan, silahkan,” terang Erman.

Gerhana bulan total terjadi dengan data waktu dan lintang bujur galaktik yang bersumber dari lembaga penerbangan dan antariksa nasional (Lapan). Erman juga menyampaikan, bahwa fenomena gerhana bulan 2018 ini adalah yang paling terlama sepanjang sejarah.

Baca Juga :  Ekspor Bauksit Mulai Jalan

Berdasarkan data dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), bulan masuk penumbra bumi atau proses GBT sekitar pukul 17.51 WIB, fase bulan masuk umbra bumi yang dapat terlihat pukul 18.48 WIB, tengah gerhana atau waktu puncak, pukul 20.07 WIB, gerhana berakhir keluar dari penumbra bumi pukul 23.08 wib, bujur atau lintang galaktik -149’27’30”/+35’39’25”. Azimut berada sudut Timur laut 31’35’57”. (suhardi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here