Marina Ditargetkan Jadi Lokasi Pengembangan Buah

0
122
Pengunjung anak anak TK diberi edukasi mengenai buah lokal, di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam. FOTO HUMAS BP

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengelola lahan di Marina, Tanjung Riau Sekupang Batam, untuk menjadi agrowisata. Lokasi Agromarina yang mulai banyak dikunjungi warga itu, ditargetkan sebagai lokasi pengembangan budidaya buah-buahan terbesar di Kepri. Sehingga, Marina dikembangkan jadi Agrowisata.

Kasubdit Pemanfaatan Sarana BP Batam, Irfan Widyasa mengatakan, pengembangan wisata buah untuk menjadikannya sebagai alternatif untuk parawisata.

Pengembangan agrowisata Marina, merupakan inovasi untuk menjadikan Batam sebagai pilihan tepat berwisata. Ke depannya Kawasan ini diharapkan menjadi destinasi agrowisata wisata terbesar di Kepri,” katanya optimis.

Diakui, Batam yang dikenal sebagai daerah industri warganya butuh refreshing. Nuansanya pabrik, galangan kapal, alat berat. Maka imbangi dengan yang anti mainstream yaitu agrowisata di Batam. ”Maka kami ingin branding Batam sebagai daerah industri dibikin beda,” pungkasnya.

Diungkapkan, Batam menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Tidak saja di bidang barang dan jasa, namun juga di bidang pertanian. Agrowisata Marina merupakan destinasi wisata dan rekreasi pendidikan. Pengunjung dapat menikmati hijaunya tanaman dan segarnya udara pertanian sambil belajar.

”Indahnya panorama alam pertanian dan nuansa khas alam Indonesia akan memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak-anak,” sambung dia.

Irfan mengatakan, belakangan ini, anak-anak sekolah di Batam yang lebih banyak berkunjung ke lokasi itu. Seperti 37 siswa dari TK Salsabila Batuaji berwisata di alam bebas untuk melepas jenuh, siswa juga belajar mengenai pengenalan macam-macam buah lokal yang ada di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam.

”Dalam kunjungan tersebut para siswa di berikan edukasi mengenai buah lokal. Mulai pengertian buah lokal, cara membudidayakan tanaman buah tersebut,” katanya.

Selain itu, diberikan perbandingan kualitas buah lokal yang ada di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam tidak kalah dengan buah yang di tanam di daerah lain. ”Siswa juga di edukasi sejak dini untuk menambah kecintaannya terhadap hewan satwa dengan berinteraksi langsung dengan hewan ternak dengan memberi makan langsung ke hewan ternak Agromarina BP Batam,” beber dia.

Di kebun percontohan agribisnis kawasan Agromarina BP Batam juga terdapat budidaya peternakan berupa hewan ternak kambing dan sapi. Di sana terdapat jumlah peternak cukup banyak dan jenis-jenis sapi dan kambing sangatlah beragam. ”Jadi ini cocok untuk wisata,” imbuh Irfan. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here