Marinatama Belum Tambah Armada

0
1138
FAUZI

BATAM – OPERATOR kapal Marinatama Gema Nusa belum menambah armada kapal untuk angkutan arus mudik lebaran Idul Fitri 1438 hijriah, hingga saat ini. Pengusaha mengklaim, jumlah penumpang yang mengunakan armada kapal feri dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), ke sejumlah daerah tujuan, masih turuh dan diprediksi turun dibandingkan tahun lalu.

Direktur Operasional Marinatama Gema Nusa, Fauzi menyampaikan, armada angkutan laut PT Marinatama Gema Nusa, yang melayani tujuan Kuala Tungkal, Kuala Enok, Tanjungbatu, Sungai Guntung dan Pulau Burung, belum bisa melakukan penambahan armada. Menurutnya, hingga hari ke 17 Ramadan, bokingan tiket calon pemudik baru puluhan orang, untuk keberangkatan H-5 hingga H-1. Hal ini berbeda dengan tahun lalu, bokingan tiket hingga H-15 sudah mencapai ratusan calon penumpang.

Baca Juga :  Sembako Jambi Batal Masuk Batam

”Tahun ini, kita agak rilek dan belum mempersiapkan penambahan armada,” jelas Fauzi, Kamis (15/6) kemarin. Namun demikian lanjut Fauzi, jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang dalam sepekan terakhir untuk rute yang dilayari Marinatama, maka pihaknya sudah mempersiapkan antisipasi penambahan armada. Sehingga seluruh calon pemudik yang akan merayakan lebaran Idul Fitri di kampung halaman mereka, dapat terlayani.

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang melarang jasa angkutan menaikkan harga tiket, PT Marianatama Gema Nusa taat dan tetap memberlakukan harga tiket normal. Untuk tujuan Tanjungbatu Rp 130 ribu, tujuan Pulau Burung Rp 190 ribu, tujuan Sungai Guntung Rp 220 ribu dan tujuan Kuala Tungkal serta Kuala Enok Rp 430 ribu.

Baca Juga :  Irwan Panggabean Pimpin FKPPI Provinsi Kepri

”Kita tidak mungkin melawan kebijakan pemerintah, bisa-bisa izin trayek kita dibekukan. Padahal jika saja ada ketentuan yang membolehkan menaikkan harga tiket dua puluh ribu untuk setiap trayek, maka akan sangat membantu. Sebab armada kita yang balek ke Batam dari trayek tujuan, hanya mengangkut bodi feri saja. Sedangkan BBM yang digunakan sama saja,” tutur Fauzi.

Sepinya pemudik lebaran tahun ini jelas Fauzi, merupakan imbas dari lesunya perekonomian Batam belakangan ini. Hal ini membuat perusahaan pelayaran sangat terimbas. Namun demikian, upaya memberikan pelayanan terbaik, tetap dikedepankan. ”Kita komit mengangkut sesuai kapasitas,” tutupnya.(TARMIZI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here