Marinir Tanam Buah-buahan

0
422
Penghijauan: Anggota Marinir bersama warga saat melakukan program penghijauan. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Aksi penanaman pohon dalam program penghijauan digelar penjelajah alam Kepri (Pari) di Pulau Setokok Batam.

Menariknya, kali ini pohon yang ditanam, tidak hanya yang membantu dalam penghijauan. Namun kelak hasilnya juga bisa dikonsumsi. Seperti buah mangga, rambutan, jambu batu, nangka dan cempedak.

Penanaman pohon itu digelar, Minggu (12/2). Kali ini 300 pohon ditanam di Markas Batalyon Infantri 10 Marinir/Satria Bhumi Yudha (Yonif 10 Marinir/SBY) di Setokok. Selain pohon buah-buahan itu, ada juga yang ditanam pohon mahoni, trembesi, perpat, angsana, dan beringin merah.

”Akhir tahun lalu kita juga adakan penanaman pohon di Yonif Raider di Tembesi. Waktu itu dalam rangka HUT Kota Batam. Kali ini kita kembali adakan penanaman pohon, di Yonif Marinir. Dalam rangka hari jadi Pari ke-3,” kata Ketua Panitia, Seftian Pratama.

Penanaman pohon ini merupakan bagian dari Gerakan Satu Juta Pohon. Tema yang diangkat yaitu Bergerak Pasti Hijaukan Batam.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaga kelestarian alam, mengurangi dampak pemanasan global, menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, serta meningkatkan kepedulian akan perlindungan dan pelestarian alam.

”Penanaman pohon seperti ini sejatinya bukan hanya untuk kita, tapi juga buat kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Komandan Yonif 10 Marinir/SBY, Letkol Mar Carles Arianto Lumban Gaol yang diwakili Pasi Ops, Mayor Marinir Rismanto Manurung berharap kegiatan positif seperti ini bisa terus berlanjut. Sehingga program pemerintah dalam upaya penghijauan Kota Batam khususnya Pulau setokok dapat terwujud.

”Kota Batam sampai saat ini bisa dikatakan jauh dari kata asri. Untuk itu perlu menggalakkan penanaman pohon. Karena tanaman dapat mengurangi dampak global warming yang berbahaya bagi manusia,” kata dia.

Kegiatan penanaman pohon dilaksanakan mulai dari lapangan apel hingga keliling kesatrian Yonif 10 Marinir/SBY. Pohon yang ditanam diharapkan tumbuh subur sehingga menghijaukan Yonif Marinir.

Selain penanaman pohon, kegiatan ini juga diisi cek kesehatan gratis. Cek kesehatan dilakukan oleh tim medis dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI (BTKLPP) Batam. Pemeriksaan yang dilakukan seperti tekanan darah, gula darah, dan kolesterol.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here