Martua Butar-Butar Juara III Nasional

0
552
MARTUA BUTAR-BUTAR (kanan) menerima hadiah Juara III di Jakarta, Selasa (30/1) malam. f-istimewa

Wartawan Tanjungpinang Pos Ikut Lomba Tulisan PGN 2017

Setelah sebelumnya masuk nominasi lomba tulisan Telkomsel, kini wartawan Tanjungpinang Pos Martua Butar-Butar kembali menunjukkan prestasinya untuk lomba tulisan nasional.

JAKARTA – KALI ini Martua berhasil menyabet Juara III Nasional lomba tulisan Kompetisi Jurnalistik Perusahaan Gas Negara (KPJGN) 2017 yang diumumkan di Jakarta, Selasa (31/1) malam. Tulisan berjudul ketika Kendaraan Batam Mulai Ramah Lingkungan itu disebut dewan juri menarik untuk dibaca.

Tulisan Martua sangat diperhitungkan hingga bisa masuk tiga besar nasional kategori hardnews cetak. Adapun hasil final KJPGN tahun 2017 berakhir dengan 3.582 tulisan dan 445 foto yang masuk dari wartawan se-Indonesia ke panitia.

Dari karya-karya itu, diperoleh 30 nominasi karya terbaik yang diumumkan sebelumnya. Tujuh orang wartawan dari Batam masuk dalam nominasi. Saat acara malam anugerah KJPGN yang berlangsung, Selasa (30/1) malam di Jakarta, wartawan Tanjungpinang Pos Martua diumumkan sebagai Juara III.

Ketua Panitia KJPGN tahun 2017 yang juga Division Head Corporate Comunication PT PGN, Desy Anggita mengatakan, tulisan peserta tahun 2017 dan diumumkan pemenangnya malam itu, lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. KJPGN 2017 memiliki tema ”Energi Gas Bumi Membangun Negeri”.

”Karya jurnalis yang masuk pada kompetisi, 3.582 tulisan dan 445 foto. Ini tahun keempat kompetisi. Tema itu dipilih karena gas bumi sudah terbukti lebih murah,” ungkap Desi dalam laporannya.

”Ini langkah perusahaan untuk mendukung media dalam melakukan konversi gas. Sampai jumpa di KJPG 2018,” bebernya.

Pada pengumuman malam anugerah itu, diumumkan untuk kategori hardnews cetak, Juara I diraih wartawan Bisnis Indonesia, Duwi S. Ariyanti, Juara II diraih wartawan Sindo, Anton Chrisbiyanto dan juara III, diraih wartawan Tanjungpinang Pos di Batam, Martua P Butarbutar.

Sementara Juara Harapan I diraih wartawan Batam Pos, Ratna Irtatik, Juara Harapan II diraih Adhi M Darsono dari Media Indonesia dan Juara Harapan III diraih Retno Ayu dari Investor Daily.

Sementara peserta Batam lainnya yang berhasil meraih gelar juara ada di hardnews online, Suparman dari Batampos.co.id Juara III.

Pada kategori feature news online, Juara II diraih Nurul Mahfud dari Rri.co.id, Fadhil dari sindobatam.com meraih Juara III. Untuk foto, Juara I diraih Agus Bagjana dari posmetro.co dan Juara Harapan II diraih Argianto D.A Nugroho dari Tribunnews.com.

Direktur Utama PGN, Jobi Triananda Hasjim mengatakan, kompetisi ini juga menjadi medium bagi jurnalis untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan jurnalistik, khususnya tentang industri gas bumi di Indonesia.

Dari karya tulis dan foto menunjukkan, PGN bisa membawa energi baru dan hemat, hingga ke desa-desa. Media juga diapresiasi ikut serta dalam mengampanyekan energi baik.

”Awak media juga ikut mengampanyekan, PGN salah satu perusahaan yang membantu hemat energi,” sambungnya.

Dia berharap, tahun ini kompetisi jurnalistik masih digelar karena dinilai baik untuk silaturahmi PGN dengan media. ”Kita akan tetap semangat, karena kita punya amanat, untuk menjalankan energi baik. Kita berharap tahun depan, akan tetap ada acara seperti ini. Acara seperti ini rasanya baik untuk silaturahmi PGN dengan kawan-kawan media,” beber Jobi.

Sekretaris Perusahaan PGAS, Rachmat Hutama menjelaskan dalam setiap periode pelaksanannya, partisipasi para jurnalis untuk mengikuti KJPGN terus meningkat. Kualitas karya jurnalistik juga semakin berkembang dan menjadi materi edukasi yang baik kepada publik mengenai pemanfaatan gas bumi di Indonesia.

Ajang ini menjadi tolak ukur yang baik mengenai pemahaman para jurnalis terkait gas bumi dan peran PGN dalam mendorong pemanfaatan gas bumi untuk mewujudkan kemandirian energi nasional.

”KJPGN merupakan bentuk apresiasi kepada media yang secara konsisten aktif mensosialisasikan pemanfaatan gas bumi di Indonesia. Media massa telah mengambil peran penting dalam mengedukasi masyarakat mengenai gas bumi dan manfaatnya bagi kemandirian energi bangsa ini,” jelas Rachmat di Jakarta.

Dijelaskan Rachmat, KJPGN 2017 kategori lomba tahun ini, ada hardnews cetak, feature news cetak, hardnews online, feature news online, dan foto jurnalistik. Hasil karya itu dinilai juri, Pemimpin Redaksi Liputan6.com, Mohamad Teguh, Pemimpin Redaksi Harian Kontan, Ardian Taufik Gesuri, Kepala Desk Foto Harian Kompas, Danu Kusworo dan Kepala Divisi Artistik dan Foto Media Indonesia, Hariyanto.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here