Masa Jabatan KPU Diperpanjang

0
865
Joyo Wardono

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memperpanjang masa jabatan lima komisioner KPU Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Masa kerja mereka habis 26 Juni 2018, sedangkan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota digelar 27 Juni. Artinya, satu hari masa jabatan berakhir langsung digelar pilkada.

Kepala Biro Hukum KPU RI, Joyo Wardono membeberkan alasan kenapa komisioner KPU Tanjungpinang di perpanjang. Alasannya, tidak akan mungkin komisioner KPU terpilih nanti, bisa menghadapi permasalahan Pilkada yang sedang berlangsung nanti.

”Pasti kita perpanjang dua atau tiga bulan lagi,” kata Kepala Biro Hukum KPU RI, Joyo Wardono kepada Tanjungpinang Pos disela kunjungan ke Kantor Sekretariat KPU Kota Tanjungpinang, Jumat (2/2). Kalau berdasarkan UU Pemilu, sambung Joyo komisioner KPU harus berhenti saat masa jabatannya berakhir. Tapi, hukum dan aturan menyangkut keadilan. Kalau betul diberhentikan komisioner pada saat pemilihan nanti, ia pasti bakal muncul problem dikemudian hari.

Baca Juga :  Surat Suara Pilwako Mulai Dicetak

”Saya yakin betul pasti akan ada problem kalau komisioner KPU diisi oleh orang-orang baru semuanya,” ucap Joyo. Kata dia, keyakinan ini, berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

Apabila ada anggota baru, tidak akan bisa mengikuti tahapan yang sedang berlangsung. Misalnya, tahapan gugat sengketa Pilkada di Mahkamah Kontitusi (MK) salah satunya. ”Pasti butuh waktu untuk proses mengikutinya. Ini yang sedang di hadapi oleh KPU di beberapa daerah termasuk Kota Tanjungpinang,” tegasnya.

Permasalahan yang sedang dihadapi KPU, hanya masa bakti saja. Hampir semua KPU yang sedang menggelar pesta demokrasi secara serentak di tahun 2018, berakhir masa baktinya menjelang pemilihan. Salah satunya, masa bakti lima komisioner KPU Kota Tanjungpinang pada 26 Juni 2018.

Baca Juga :  Waspadai Peredaran Suket Paslu

”Bukan KPU Tanjungpinang saja yang masa jabatanya berakhir satu hari sebelum pencoblosan,” tegasnya. Ia juga minta agar KPU Tanjungpinang bekerja netral dan tidak berpihak kecalon. Supaya pilwako berjalan baik.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here