Masih ada Warga Kelurahan Air Raja Kantongi KTP Luar

0
82
Suasana pelayanan di Kantor Kelurahan Air Raja berada di Komplek Perumahan Taman Harapan Indah (THI) Kecamatan Tanjungpinang Timur. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Warga yang tinggal di Kelurahan Air Raja sudah taat pada administrasi kependudukan. Ini dibuktikan sudah 80 persen warga mengantongi KTP-el terutama mereka berdomisi di Kelurahan Air Raja yang tertera dialamat di KTP-nya, meskipun belum 100 persen.

Lurah Air Raja, Husain Alhamid mengatakan, ada kira-kira 7.000 sampai 8.000 warga yang tinggal di Kelurahan Air Raja masuk dalam kategori wajib memiliki KTP-el. Tapi dari total tersebut, baru sekitar 5.000 warga yang mengantongi KTP-el sesuai alamat kelurahan Air RAJA. Sisanya, memiliki KTP-el tapi alamatnya bukan kelurahan Air Raja.

”Alhamdulillah, sudah mencapai sekitar 80 persen warga yang sudah memiliki KTP-el,” kata Husain Alhamid kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (25/4).

Menurutnya, ada sekitar 2.000-an warga lagi bisa jadi mereka masih mengantongi KTP-el dari daerah maupun tempat tinggal asal. Tapi, sekarang mereka bertempat tinggal di wilayah Kelurahan Air Raja. Misalnya, si A sudah memiliki KTP-el dari daerah Batam. Saat ini, mereka ngekos atau kontrak rumah di wilayah Kelurahan Air Raja. Artinya, warga tersebut belum ada mengurus surat pindah dari daerah asal ke daerah yang dituju sekarang ini. Sehingga warga tersebut bisa memiliki KTP-el dengan alamat ditempat tinggal sekarang, yaitu Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Zaman sudah menggunakan sistem online, lanjut dia, semua kepengurusan seperti kepengurusan dokumen kependudukan sudah sangat mudah dan lebih cepat. Asalkan, ada kemauan serta niat dari warga untuk mengurus dokumen kependudukan tersebut. Sekarang ini, katanya, untuk mengurus surat pindah dari daerah asal tidak perlu lagi pulang kampung. Sebelumnya, warga pendatang melaporkan ke RT maupun RW setempat. Intinya, bahwa mereka warga pendatang di kampung tersebut.

Setelah itu, warga juga diminta untuk melaporkan hingga datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang berada di Jalan Kijang Lama, Km 7 Tanjungpinang. Agar pihak Disdukcapil yang akan berkomunikasi dengan Disdukcapil daerah asal warga tersebut. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here