Masih Banyak Angkot Tak Layak Beroperasi

0
750
TUNGGU PENUMPANG: Angkot saat parkir di Sub Terminal Pasar Baru Tanjungpinang menunggu penumpang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Masih banyak angkutan kota (angkot) yang ada di Kota Tanjungpinang, tidak layak beroperasi. Bila dibiarkan akan berdampak pada penumpang. Dalam waktu dekat ini, Dishub bersama dengan Polres Tanjungpinang bakal menggelar razia. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang, Bambang Hartanto, kemarin. ”Kita minta pemilik angkot yang tak layak lagi agar mengganti angkotnya. Jangan paksakan tetap beroperasi,” kata Bambang Hartanto, kemarin.

Menurutnya, jumlah angkot tahun 2012 lalu, ada 600 angkot. Angkot ini terdaftar di Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang. Sekarang tinggal 270 angkot yang dinilai layak, karena masih lulus uji kelayakan. ”Banyak penyebab, kenapa angkot terus menurun di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang ini,” terang Bambang.

Mantan pejabat Dishub Kepri ini membeberkan salah satu faktor karena masyarakat sudah banyak memiliki kendaraan sendiri. Jumlah kendaraan roda dua terus meningkat. Dampaknya, penumpang terus turun dan banyak sopir angkot beralih pekerjaan.”Untuk kendaraan yang telah lulus uji kelayakan sudah pasti sudah layak jalan. Pengujian kelayakan dilakukan per enam bulan sekali,” bebernya.

Kata dia, apabila buku pengujian kelayakan masih hidup maka kendaraan tersebut masih layak untuk dioperasikan. Ia berharap, angkot yang sudah masa uji kelayakannya habis, baiknya kembali melakukan uji kelayakan di kantor Dishub. ”Masih banyak angkot yang tidak layak beroperasi menarik penumpang. Angkot seperti ini kita tertibkan,” jelasnya.

Menurutnya, pengawasan atau razia untuk kelayakan kendaraan, akan digelar dalam waktu dekat bersama forum lalu lintas dan bersama dengan instansi yang terkait. ”Kita tidak bisa menilang kendaraan yang tak layak.Maka, kita menggandeng kepolisian untuk mengecek kendaraan. Kalau ada kendaraan tidak layak pakai, langsung ditilang ditempat oleh pihak kepolisian,” ujarnya. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here