Masih Banyak Desa yang Gelap Gulita

0
655
Permukiman di pulau: Kondisi perumahan masyarakat desa di pulau terluar sangat memprihatinkan. Seperti di Pulau Pinang Kecamatan Tambelan ini. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS kepada bapak bupati lingga yang kami hormati. kami warga desa mamut, tanjung lipat, dan baran yang terletak di kecamatan senayang kabupaten lingga membutuhkan PLN. kami belum pernah merasakan betapa nikmatnya hidup di dlm rumah yg dialiri arus listrik dari PLN. setiap malam kami selalu bermimpi bahwa arus listrik dari PLN masuk ke dalam rumah kami. kadang anak2 kami mengigau bahagia ketika tertidur dan berkata “hore, rumah saya sudah terang sepanjang malam”. kasihan melihat anak2 ketika mimpi rumah terang berlampukan philip, namun ketika terbangun yang ada hanya sekeping pelita kecil yang sinarnya masih kalah dgn bohlam berkekuatan 5 watt yg dimiliki warga desa rejai yg sudah mencicipi kebahagiaan dunia oleh PLN. kami atas nama warga 3 desa tersebut memohon kepada pemerintah supaya mengalirkan arus listrik PLN dari desa rejai yang tak jauh dari desa kami. atas pengertiannya kami ucapkan terimakasih.
+6282370982439

TANGGAPAN:
Beberapa bulan lalu ada sekitar 104 desa dari 275 desa di wilayah Kepri yang belum dialiri listrik. Mulai tahun 2018 semuanya akan terang benderang, karena sudah dialiri listrik PLN.
Kita minta PT PLN wilayah Riau Kepri, memberikan tambahan notasi dan mesin. Kita minta kepala desa di setiap daerah yang wilayah tempat tinggalnya belum di aliri listrik, supaya cepat menyurati. Target 100 lebih desa se-Kepri mulai Desember mendatang sudah bisa teraliri listrik. Hal ini merupakan program jangka pendek Gubernur Kepri. Karena setiap dirinya turun ke suatu daerah, sering mendapatkan keluhan masalah minimnya sarana listrik, yang masih ada saat ini mayoritas nyala tidak sampai 24 jam.

Jadi ESDM itu bukan pengadaan mesin. Tapi kami mengajukan permohonan ke PLN untuk menambah daya listrik di 100 desa yang tersebar di tujuh kabupaten kota. Untuk kategorinya ada yang 0 sampai 14 jam. Ada yang 14 jam ke 24 jam. Ada yang jaringan ditambah, ada yang trafo ditambah. Saat ini sudah ada yang mulai start, seperti di daerah Pulau Mepar, Dabo. Pokoknya target Desember 2017 seratus pulau ini sudah terlistriki.
Tahun 2017 ini, secara bertahap ada 104 desa disusun pembangunannya yang akan dilakukan ber tahap sampai berakhir 2019 mendatang. Begitu pun daerah yang masih menyala 7 jam akan dinaikkan menjadi 24 jam.

Misalnya di Palmatak, itu sudah nyala 24 jam. Saat ini kondisi listrik di Kepri ada tiga daerah besar yang menjadi prioritas utama PT PLN. Pertama, Pulau Bintan sudah satu sumber dengan listrik di Pulau Batam. Dan kondisinya saat ini, beban puncak 70 Mega Watt untuk Pulau Bintan. Namun sempat turun sampai menyentuh angka 45 Mega Watt karena ada gangguan teknis.

Untuk di Tanjungbalai Karimun, daya mampu sudah 32 mega watt, sementara beban puncak 26 mega watt. Selanjutnya di Natuna kemampuan PLN saat ini ada sekitar 8 mega watt, beban puncak adalah 4,5 mega watt. Pulau Natuna, ada penambahan kapasitas dalam rangka mendukung proyek pembangunan SPKT Selat Lampa untuk penyimpanan hasil tangkapan ikan nelayan. (ais)

Amjon
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Pemprov Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here