Masih Menjabat Tapi Lulus

0
907
RAPAT KOORDINASI: Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah (dua dari kiri) memimpin rapat pleno penetapan DPS bersama komisioner dan PPK.F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

Ketua KPU Bintan Mendaftar Calon Anggota Panwaslu

Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah menjadi perbincangan masyarakat Tanjungpinang dan Bintan. Ia lolos seleksi adminitrasi pemilihan calon anggota Panwaslu Bintan. Sedangkan ia masih menjabat Ketua KPU dan akan berakhir Juni 2018 mendatang.

TANJUNGPINANG – Menurut Pengamat politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Tanjungpinang, Endri Sanopaka, baiknya Wandra Fadilah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua KPU Bintan. Surat pengunduran diri ini merupakan salah satu syarat untuk masuk sebagai bakal calon anggota Panwas, yang dilakukan Bawaslu Provinsi Kepri melalui tim seleksi calon anggota Panwas.

”Kalau mengacu dari persyaratan timsel, Pak Wandra harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua KPU Bintan,” kata Endri Sanofaka kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (11/7). Kata Ketua Stisipol Tanjungpinang kalau tidak ada surat pengunduran diri Wandra sebagai Ketua KPU Bintan, tak dilampirkan, berarti persyaratan administrasi sebagai bakal calon anggota Panwaslu Bintan, tak sah.

Baca Juga :  Gunakan Politik Uang Bisa Dipenjara 2 Tahun

Artinya, Wandra tak boleh lulus dari administrasi sebagai bakal calon anggota Panwaslu Bintan, yang dilakukan oleh tim seleksi calon anggota Panwas kabupaten/kota. Sementara, Wandra telah lulus administrasi bakal calon anggota Panwaslu Bintan. Ia akan mengikuti tes terulis Kamis (13/7) mendatang.

Ia berharap, tim seleksi calon anggota Panwas kabupaten/kota untuk bekerja profesional. Supaya tim seleksi calon anggota Panwas bisa menciptakan anggota pengawas pemilu yang profesional. Artinya, tidak ada kepentingan yang dilakukan anggota Panwas, baik itu kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Pilkada Sepi Kegiatan, KPU Mulai Sosialisasi Setelah Penetapan

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Panwas Zona B, Nikolas Panama mengatakan, hasil pertemuannya dengan Bawaslu Provinsi Kepri, tidak perlu Wandra mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua KPU Bintan. Karena tak ada aturan yang mengikat terkait surat pengunduran Wandra dari jabatannya sebagai Ketua KPU Bintan.

”Saya hanya menjalani sesuai ketentuan berlaku. Karena saya tidak bisa menjegal orang, tanpa alasan berlaku,” singkat Nikolas. Ketua Bawaslu Provinsi Kepri, Razaki Persada mengatakan, kalau melihat aturan yang ada, tak ada aturan yang mengatur, kalau Wandra harus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua KPU Bintan.

Baca Juga :  Lepas Kerinduan Dengan Abang Kandung, Isdianto Ziarah Ke Makam HM Sani

”Kita sebagai panitia pemilu bisa pindah kamar. Misalnya saya mau pindah menjadi anggota KPU, bisa. Karena tidak ada aturan yang mengatur seperti itu. Artinya, kita bisa pindah kamar, kapan saja,” sebut dia. Ketua KPU Bintan, Wandra tidak mau menanggapi, kalau dirinya diminta untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketua KPU Bintan. ”No comment. Tanya saja ke panitia seleksi,” singkat dia saat dikonfirmasi.(ANDRI-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here