Masjid Jami Baiturahim Gagal Direhab

0
450
MASJID: Gedung Masjid Jami Baiturahim di Tarempa akan direhab pada tahun depan. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – PROYEK rehab bangunan Masjid Jami Baiturahim, Tarempa yang telah dianggarkan tahun ini batal dilakukan. Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) sebelumnya telah menganggarkan, untuk kegiatan merehab bangunan Masjid Jami Baiturahim senilai Rp2,4 miliar. Namun, proses lelang pekerjaan proyek gagal dan kegiatannya ditunda tahun depan.

Anggaran yang dianggarkan tersebut, untuk merehab beberapa bagian bangunan yang rusak. Proses lelang dilakukan sebanyak 2 kali, dan ada perusahaan yang ikut menawarkan tapi kelengkapan administrasi perusahan dinilai tidak memenuhi persyaratan. Sebelumnya, pada lelang pertama tidak ada satu pun perusahaan yang memasukkan penawaran. ”Pokja sudah melaksanakan proses lelang, lelang pertama tidak ada perusahaan yang masuk. Sedangkan lelang kedua ada satu perusahaan akan tetapi tidak lengkap administrasi,” ungkap Efy Sjuhairi, Kepala DPUPR, Minggu (27/8).

Ia menjelaskan, pelelangan dilaksanakan sejak awal bulan Juli yang pertama. Setelah tidak ada penawaran yang masuk, pada akhir Juli dilaksanakan pelelangan kedua dan akhirnya kegiatan itu ditunda hingga tahun depan. Menurutnya, kondisi bangunan masjid itu belum parah. Akan tetapi, sudah layak untuk dilakukan rehap disejumlah bangunan yang ada. Ia mencontohkan, pada bagian atas lantai sebagai pelindung dari panas dan hujan mulai mengalami kerusakan.

Bahkan, ada sebagiannya ketika ada hujan airnya akan menetes ke dalam masjid dan bagian teras dalam masjid. ”Kalau bicara parah bisa dikatakan masih bisa digunakan, tapi sudah layak untuk diperbaiki mengingat ada bagian atas atap dari cor semen mengalami rusak. Akibatnya air hujan menetes lantai bawah,” jelasnya.

Ia juga berharap, pada tahun 2018 nanti akan dilaksanakan lelang kembali untuk melaksanakan kegiatan tesebut. Tambahnya, Effi mengakui untuk tahun 2017 ini proyek tersebut yang gagal proses lelang. ”Tahun ini yang gagal lelang hanya rehab Masjid saja, sisanya semua sudah dilaksanakan proses lelang. Mudah-mudahan tahun 2018 bisa dijalankan kembali dan akan ada perusahaan yang sanggup melaksanakan kegiatan tersebut, “ pungkasnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here