Masjid Jami Baiturrahim Batal Direnovasi

0
299
MASJID: Gedung Masjid Jami Baiturahim di Tarempa akan direhab pada tahun depan. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Masjid Jami Baiturrahim yang berusia 97 tahun menjadi bangunan sejarah untuk wisata religi bagi masyarakat dan wisatawan yang datang ke Kota Tarempa. Awalnya, Masjid Jami Baiturrahim dipindahkan pada tahun 1920 pada lokasi saat ini. Dengan bentuk bangunan yang unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Namun saat ini, beberapa sendi bangunan mulai keropos. Tidak dipungkiri, pada bagian atas bangunan sudah mulai keropos. Bahkan, ketika aktivitas ibadah di musim hujan maka air hujan akan menetes ke ruang masjid.

”Perlu segera dilakukan perbaikan bagian atas bangunan tersebut. Itu bagian dari memberi kenyamanan, bagi para jamaah yang akan melaksanakan salat di masjid itu,” kata Hasan, seorang warga yang se hari-hari salat di masjid tersebut.

Meskipun bocor pada bagian atapnya, hal itu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Ia berharap, kepada pihak pengurus masjid harus cepat mengambil langkah dan memanfaatkan anggaran yang dimiliki oleh masjid untuk melakukan perbaikan.

Apabila tidak mencukupi, dapat mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat saling membantu dan bergotong royong dalam melaksanakan pekerjaan tersebut. ”Mudah-mudahan saran saya diterima dengan positif, demi kenyamanan jamaah semua yang berkunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Rusdi selaku Kepala Bidang Promosi Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kepulauan Anambas ketika dikonfirmasi mengatakan, memang benar adanya masjid itu mengalami kerusakan tapi tidak terlalu berat.

Ia menjelaskan, pada tahun 2017 Pemda sudah menganggarkan untuk renovasi bangunan mesjid itu sekitar Rp 2 miliar lebih. Namun, mengalami penundaan akibat waktu dan pelaksana kegiatan tidak jadi direnovasi. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here