Masjid Raya Dompak Jadi Ikon Baru

0
2873
Masjid raya: Masjid raya Dompak tampak dari depan.f-SUHARDI/TANJUNGPINANGPOS

DOMPAK – Dinas Pemukiman dan Perumahan (Disperkim) Provinsi Kepri saat ini sedang fokus melakukan perbaikan serta pemasangan tangga lift menara Masjid Raya Nur Illahi Pulau Dompak. Dalam rangka menjadikan masjid raya tersebut sebagai objek wisata religi, Pemprov menghitung sedikitnya 1 Mw tenaga listrik yang harus ditambah untuk masjid kebanggaan masyarakat Kepri yang berada persis di depan Jembatan I Pulau Dompak tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Penataan lingkungan dan Pembangunan Disperkim Pemprov Kepri, Yazid menuturkan, untuk menjadikan masjid tersebut terang benderang serta lift di menara itu aktif, pemprov masih membutuhkan sedikitnya 1 sampai 2 Mw tenaga listrik. ”Minimal 1 Mw listrik di tambah, kalau mau menara itu di buka untuk umum. Karena saat ini kami sedang berupaya memperbaiki lift dua unit di sana. Lift-nya sudah ada tapi, masih diperbaiki karena sudah lama tak digunakan,” ujar Yazid kepada Tanjungpinang Pos di kantornya kemarin.

Baca Juga :  Perbaiki Layanan Haji Tiap Tahun

Saat ini, lanjut dia, Disperkim fokus pengerjaan pemasangan lift serta perbaikan gedung masjid itu, dimana ke depan masjid itu akan digunakan sebagai lokasi islamic centre dan Kantor Baznas Kepri. ”Banyak atap serta lantainya yang sudah bocor-bocor. Serta lantai dasarnya yang harus diperbaiki lagi,” tambahnya. ”Untuk pengerjaannya secara keseluruhan kami dikasih tempo sampai 150 hari kerja. Kami mohon masyarakat untuk memantau bersama,” timpalnya.

Masih banyak proses yang menjadi tugas dan tanggung jawab kontraktor yang diberi tugas mengerjakan proyek itu hingga selesai. Misalnya untuk menara yang tingginya hampir 60 meter itu, nanti setelah selesai difungsikan, sebelumnya harus melewati loading test. Jadi tak langsung di buka untuk umum. ”Karena di sini anginnya cukup kuat, kami sangat mengedepankan keselamatan para pengunjung,” bebernya.

Baca Juga :  Isdianto Lantik 14 Pejabat Fungsional

Terakhir ia menyampaikan, Pemprov berharap Masjid Nur Illahi ini bisa menjadi ikon wisata religi unggulan bagi wisatawan yang datang ke Tanjungpinang. Jadi tidak hanya ada landmark jembatan I sebagai ikon baru, melainkan ke depan menara masjid ini pun bisa menjadi kebanggaan masyarakat Kepri.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun sebelumnya mewanti-wanti tahun 2018 mendatang, pengerjaan lanjutan Jembatan 1 Dompak serta penataan Masjid Nur Illahi harus betul-betul bisa jadi andalan masyarakat Kepri ke depan. Nurdin ingin ke depan melalui pembangunan infrastruktur Pulau Dompak saat ini, semakin banyak masyarakat berkunjung ke Dompak. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here