Maskapai Didesak Buka Penerbangan Sore

0
314
penumpang Sriwijaya Air sedang masuk ke dalam pesawat dengan rute Tanjungpinang ke Jakarta di Bandara RHF Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Executive General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) II Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Hotasi Manalu mengajak maskapai baik sudah beroperasi di Bandara RHF maupun yang belum, agar membuka rute penerbangan pada sore hari dari Tanjungpinang ke Jakarta.

Maskapai yang beroperasi di Bandara RHF melayani penerbangan dari Tanjungpinang ke Jakarta yakni Sriwijaya Air berangkat pukul 07.00WIB, Lion Air pukul 10.35 WIB dan Garuda Indonesia pukul 13.05 WIB.

”Karena belum ada penerbangan sore hari ke Jakarta. Kita mengajak para pengusaha penerbangan untuk membuka rute tersebut,” kata Hotasi Manalu, kemarin.

Sambung dia, bila ada maskapai yang membuka rute penerbangan pada sore pasti tidak rugi. Sebab, sambung dia, ia melihat banyak penumpang yang ingin ke Jakarta. Saat ingin bepergian keluar daerah khususnya Jakarta pada sore hari. ”Bisa jadi dibuat jadwal penerbangannya pukul 15.00 WIB, atau pukul 16.00WIB,” kata Hotasi Manalu.

Selama ini, jadwal penerbangan maskapai dari Bandara RHF Tanjungpinang menuju ke Jakarta, hanya pada pagi sampai siang hari saja.

Selain itu, Hotasi berkeinginan, pihak airline kembali membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang menuju Medan Pergi Pulang (PP), dan Tanjungpinang menuju ke Padang PP. Karena dua rute penerbangan PP dari Tanjungpinang sudah lama tidak ada lagi. Padahal, ada peminatnya rute penebangan tersebut di Kota Tanjungpinang.

Kemudian, katanya, tidak salahnya pihak airline membuka rute penerbangan dari Tanjungpinang menuju ke Johor. Karena peminatnya cukup banyak.

Sebab, berdasarkan data yang dimilikinya, ada sekitar 15 ribu orang, dari Johor berkunjung ke Kabupaten Bintan setiap tahun. Semua pengunjung yang datang dari Johor ke Kabupaten Bintan menggunakan transportasi laut.

Kata dia, pengunjung dari Johor telah menghabiskan waktu sekitar 3 jam di laut hingga sampai ke Kabupaten Bintan. Tapi, kalau ada rute penerbangan dari Tanjungpinang ke Johor PP, penumpang hanya menghabiskan waktunya sekitar 20 menit sampai landing di Bandara RHF Tanjungpinang.

Bicara armada, tegas dia, pihak airline tidak usah menyediakan pesawat yang besar. Cukup dengan pesawat yang memiliki kuota penumpang sebanyak 30-an seat.

Intinya, pihak airline berani mengambil peluang bisnis dengan rute penerbangan dari Tanjungpinang menuju ke Johor PP. ”Sudah kita sampaikan ke pihak airline. Ayo, mari kita sama-sama majukan Kepri melalui dunia penerbangan,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here