Maskapai Diminta Buka Rute Baru

0
132
Maskapai Garuda Indonesia saat mendarat di Bandara RHF. f-adly

TANJUNGPINANG – Mestinya maskapai tak usah takut lagi membuka rute baru (virgin route). Karena Kementerian Perhubungan memberikan keistimewaan bagi maskapai pembuka rute baru. Dijamin tak ada saingan bagi perintis selama 3 tahun. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 25/2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara yang ditetapkan 25 Juni 2008.

Namun, maskapai yang beroperasi di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, masih ragu membuka rute baru dari Tanjungpinang ke beberapa daerah di Indonesia. PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Tanjungpinang meminta kepada manajemen maskapai di Tanjungpinang untuk menambah rute penerbangan di Tanjungpinang.

Baik itu manajemen maskapai Sriwijaya Air, Lion Air, Xpress Air samapi dengan Garuda Indonesia, yang beroperasi di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

Satu hari, ada tiga maskapai yang melayani rute Tanjungpinang ke Jakarta, yakni Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Lion Air. Sedangkan Xpress Air melayani Tanjungpinang-Natuna dan Tanjungpinang Anambas. Wing Air Tanjungpinang ke Batam.

Executive General Manager (GM) PT AP II Cabang Tanjungpinang, Hotasi Manalu, mengharapkan agar maskapi bisa membuka rute baru dari Tanjungpinang.

Ia tawarkan rute dari Tanjungpinang ke Padang Pergi Pulang (PP) dan Tanjungpinang-Bandara Halim Perdana Kusuma. Sebab, Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta juga telah dibuka untuk penerbangan sipil.

”Banyak yang meminta termasuk pemerintah. Kenapa tidak membuka penerbangan langsung Tanjungpinang ke Padang dan Tanjungpinang ke Bandara Halim Perdama Kusuma,” bebernya, kemarin.

Sambung dia, usulan dari masyarakat dan pemerintah, sudah disampaikan manajemen maskapai yang beroperasi di Tanjungpinang. Namun, permintaan warga belum direspon positif bagi masyarakat. ”Hingga kemarin, belum tuh direspon dengan baik oleh maskapai,” ucap dia.

Bisa jadi, kata dia secara diam-diam, usalan tersebut, sedang disurvei oleh maskapai. Atau, maskapai sedang menghitung-hitung biaya operasi yang bakal dikeluarkan untuk menempuh dua rute tersebut. ”Yang penting fasilitas kita sudah siapkan,” ujarnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here