Masyarakat Berharap Moro Jadi KEK

0
586
Anwar Hasyim

Karimun – Masyarakat Kecamatan Moro berharap pemerintah pusat menetapkan seluruh wilayah Pulau Moro ditetapkan menjadi Kawasan Khusus Ekonomi (KEK). Warga berharap status pulau mereka sama dengan Pulau Asam yang ad di Kecamatan Meral Barat.

”Kita sudah mengusulkan agar pemerintah pusat menetapkan Pulau Moro menjadi KEK. Tujuannya, untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karimun. Usulan disampaikan atas dukungan dari masyarakat Moro dan semoga dikabulkan,” kata Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang mengaku telah bertemu dengan kementerian terkait penetapan KEK di Karimun.

”Jika Pulau Moro ditetapkan menjadi KEK, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat akan terlihat. Bisa untuk investasi di bidang perikanan, resor dan perhotelan di Pulau terdekat seperti di Pulau Telunas. Sebenarnya tidak hanya Moro yang diusulkan menjadi KEK, termasuk pulau lainnya,” ucap Kata Anwar Hasyim.

Menurutnya, akan lebih baik lagi jika seluruh wilayah Kabupaten Karimun ditetapkan menjadi kawasan FTZ sama dengan Kota Batam. Sehingga pertumbuhan ekonomi terlihat merata sesuai dengan masuknya investasi.

Saat ini lahan untuk investasi di kawasan FTZ Karimun sudah habis dan tidak mencukupi. Untuk mengakomodir dan menyejahterakan warga yang ada di pulau-pulau hingga perlu ada kemudahan perizinan dengan menjadikan kawasan khusus. Tujuannya, agar investor tertarik untuk berinvestasi.

Sejak ditetapkan menjadi kawasan FTZ beberapa waktu lalu, investor di bidang shipyard, listrik, offshore dan lainnya langsung melirik Karimun sebagai tujuan investasi di Kepri setelah Batam dan Bintan.

Ini karena letak Karimun yang berdekatan dengan Malaysia dan Singapura hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi investor untuk berinvestasi di Karimun.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here