Masyarakat Butuh Pendidikan Pesantren

0
743
FOTO BERSAMA: Santri Al-Hikmah foto bersama pengajar. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Pesantren Al-Hikmah At-Taqwa, Desa Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah akan segera di resmikan pada tanggal 20 September mendatang. Pesantren tersebut awalnya Madrasah Tsnawiyah (MTS) At-Taqwa, dan kini menjadi pesantren Al-Hikmah At-Taqwa.

Hanafi Tokoh Pemuda Desa Air Asuk mengatakan, kendati belum di resmikan namun pesantren telah melaksanakan belajar mengajar sejak awal tahun 2017. ”Alhamdulillah. Operasional pesantren sudah berjalan, mulai dari awal tahun 2017 ini. Untuk peresmiannya kita laksanakan tanggal 20 September nanti,” sebut Hanafi, Rabu (13/9).

Baca Juga :  Jalan Kampung jadi Babak Belur

Hanafi mejelaskan, pesantren Al-Hikmah masih berkategori semi pesantren. Sebab, para santrinya pada masih tetap bersekolah di SMP seperti biasa. ”Pulang sekolah, para santri jam 3 sore baru masuk pesantren. Setelah itu, pulang dan masuk kembali saat maghrib dan pulang setelah salat Isya,” jelasnya.

Hanafi menguraikan, untuk saat ini pesantren telah memiliki asrama.
Namun, untuk santri dipondokkan masih belum dapat dilakukan. Jika pun menginap, hanya pada Malam Jumat untuk belajar salat malam. ”Hanya malam Jumat saja santri menginap, selebihnya tidak dan santri pulang ke rumah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkab Subsidi Rp 4 Miliar untuk Kesehatan

Salah satu penyebab didirikannya pesantren Al-Hikmah, untuk membangun mental dan spirtual anak-anak sejak dini. Karena saat ini, sudah mulai luntur nilai-nilai keagamaan. ”Ada studi kasus yang sangat memprihatinkan, ketika anak-anak tidak mengetahui berapa rukun Iman. Karena lemahnya didikan orangtua,” sesalnya.

Saat ini jumlah santri yang ada di Pesantren Al-Hikmah sebanyak 21 orang, dengan tiga ustaz pengajar dan satu ruang belajar. ”Pelan- pelan akan kita lengkapi, sehingga ke depan akan lebih baik lagi. Seperti halnya fasilitas belajar dan kelengkapan lainnya. Namun yang terpenting, masyarakat hingga kini masih sangat membutuhkan pesantren sebagai wadah pendidikan untuk meningkatkan iman,” tutupnya. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here