Masyarakat Diajak Tingkatkan Mutu Pendidikan

0
383
Salah satu Forum Pimpinan Daerah (FKPD) yakni Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang turut memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi di acara Hari Pendidikan Nasional, kemarin. f-istimewa

Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur. Baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan agar mutu pendidikan terus meningkat.

TANJUNGPINANG – Hari Pendidikan tahun 2018 juga harus dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Hal ini diungkapkan Penjab Wali Kota Tanjungpinang, usai menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Kota Tanjungpinang yang pusatkan di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (2/5).

”Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan,” kata Raja Ariza.

Sambung dia, guru, orang tua, dan masyarakat juga harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak Tanjungpinang.

Kata Asisten I Pemprov Kepri ini, pendidikan juga harus mencermikan nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong, dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan daerah.

”Mau tidak mau dunia pendidikan dan kebudayaan pun harus terus-menerus menyesuaikan dengan dinamika daerah,” tegansya

”Cara lama tak mungkin lagi diterapkan untuk menanggapi tantangan eksternal. Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan kita,” lanjut Ariza.

Ia juga mengajak semua pihak bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan. Dalam kesempatan ini juga, Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang memberikan apresiasi dan penghargaan kepada sekolah-sekolah yang telah berprestasi di bidang akademik dan non akademik serta juara umum FLS2N tingkat Kota Tanjungpinang yakni SMP Negeri 4 Tanjungpinang dan SDN 005 Tanjungpinang Timur.

Diakhir upacara, Raja Ariza mengesahkan dan mengukuhkan Pengurus Purna Paskibraka Indonesia Kota Tanjungpinang periode 2018-2023 yang diketuai oleh Muharroni, MA. Dan dilanjutkan dengan atraksi dari SMP Negeri 2 Tanjungpinang yang memukau para peserta upacara. Hadir dalam upacara tersebut selain Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Tanjungpinang, juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Kepala OPD Kota Tanjungpinang, Camat, Lurah dan seluruh Kepala Sekolah. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here