Masyarakat Diminta Ikut Promosikan Batik Batam

0
135
WALIKOTA Batam memberi penghargaan saat malam puncak Batam Batik Fashion Week 2018, Sabtu (1/9). f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Keberadaan batik Batam terus didorong untuk semakin familiar dimasyarakat. Terbaru, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Batam melakukan promosi melalui Batam Batik Fashion Week.

Masyarakat Batam diharapkan dapat ikut membantu mempromosikan batik khas Batam baik dalam kehidupan sehari-hari, atau dengan menjadikannya oleh-oleh.

Harapan agar batik Batam itu dipromosikan disampaikan Ketua Deskranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, saat malam puncak Batam Batik di Batam, Sabtu (1/9).

Marlin mengajak masyarakat membeli batik hasil karya anak Batam. ”Supaya batik ini semakin dikenal, baik di tingkat nasional dan internasional,” imbau Marlin.

Malam itu, sekaligus dilakukan pencanangan hari batik daerah yang dimeriahkan artis ibukota, Ihsan Tarore dan desainer nasional, Sugeng Waskito. Sekaligus peragaan busana kolaborasi dari pembatik dan desainer Batam.

Marlin berharap, Pemko Batam terus mendukung kegiatan itu. ”Bagi masyarakat, bantu kami untuk mempromosikan. Batik bisa dipakai semua kalangan,” imbaunya.

Diakui, sudah tiga bulan ini pihaknya melakukan promosi batik Batam bersama pengrajin dan desainer-nya. Dimana, saat ini ada 10 pengrajin batik aktif dengan sekitar masing-masing 15 orang anggota. ”Semuanya ibu-ibu PKK. Semoga, masyarakat bisa menerima dan mendukung,” harap dia.

Pada kesempatan malam Puncak Batam Fashion Week 2018, Wali Kota Batam, HM Rudi ikut serta hadir untuk memberikan dukungan. Diharapkan, batik Batam semakin dikenal masyarakat dan mampu ikut membangkitkan UMKM di Batam.

”Tidak hanya untuk khas Batam, tapi ini akan membantu perekonomian masyarakat. Ini jadi oleh-oleh untuk wisatawan yang ke Batam,” harapnya.

Malam itu, digelar juga peragaan busana kolaborasi pembatik, seperti Selaras karya Cak Pir dan RR by Ronald Moreno, Alnel Batik Art by Mahendra Kurniawan dan Kedai Cantik by Isa Utama, Wan Citra by Bambang Yulianto dan Luhung De Lamode by Luhung Esa Pertiwi dan lain-lainnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here