Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

0
262
SALAH satu kapal cepat dari Karimun tujuan Tanjungpinang ketika bersandar di Pelabuhan Moro. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) TB Kelas II TB Karimun, mengingatkan pengguna jasa laut tentang potensi bahaya cuaca ekstrem di laut.

Mengingat, musim pancaroba seperti angin dan gelombang tinggi jelang akhir tahun sangat membahayakan bagi yang beraktivitas di laut.

Kepala Seksi Gamat KSOP TB Karimun Syafrinaldi mengingatkan, para awak kapal agar selalu waspada mengingat musim peralihan cuaca saat ini.

”Selain cuaca hujan, juga disertai angin berpotensi menimbulkan gelombang tingggi di laut,” ujar Syafrinaldi, Jumat (16/11) kemarin. Untuk mengetahui kondisi cuaca setiap pelayaran, maka pihaknya tetap berkordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun.

Syafrinaldi menegaskan, pihaknya akan melarang kapal berlayar dari Pelabuhan Domestik dan Internasional jika tinggi gelombang dan angin tidak baik untuk pelayaran.

Selain itu, kelaikan kondisi kapal jadi pertimbangan dalam memberikan surat persetujuan berlayar (SPB) saat akan bertolak dari Tanjung Balai Karimun tujuan Batam, Tanjung Samak, Selat Panjang, Buton dan Dumai.

”Meskipun demikian, kejujuran dan keterbukaan agen pelayaran dan kru kapal sangat dibutuhkan. Meskipun waktu perbaikan belum sampai waktunya, karena yang tau kondisi kapal adalah kru kapal. Selama mereka berlayar,” jelas dia.

Ia juga mengimbau kepada kru kapal, agar tidak menutup-nutupi kondisi kapal hanya karena khawatir tidak diberikan izin berlayar oleh KSOP.

Ia juga menegaskan, hal itu demi kebaikan bersama untuk terutama penumpang. Hal terpenting adalah, saat kapal berlayar harus dilengkapi dengan life jacket yang melebihi jumlah penumpang kapal. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here