Masyarakat Diminta Waspadai Wabah Penyakit Pascabanjir

0
613
MAIN AIR: Anak-anak bermain air di teras rumahnya, ketika banjir di Karimun pada Selasa (28/2) lalu. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – Camat Tebing, Karimun Herisa Anugerah mengimbau masyarakat korban banjir untuk mewaspadai penyakit pasca banjir, seperti penyakit kulit, penyakit saluran pencernaan, diare dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kata dia, mencuci tangan dengan sabun akan lebih baik menggunakan sabun anti septik menjadi kewajiban ketika hendak makan, ketika mengolah makanan, setelah buang air besar dan setelah membersikan lingkungan usai banjir.

Penyakit yang muncul akibat perilaku terutama terkait kebersihan adalah, diare, disebabkan sumber air terutama sumur. Karena ketika banjir, air sumur becampur dengan air dari berbagai arah yang kualitas air sangat diragukan kebersihannya.

Selain selalu cuci tangan pakai sabun, masyarakat untuk membiasakan mengonsumsi air minum yang bersih dan direbus hingga mendidih setiap saat serta menjaga kebersihan lingkungan.

Pada musim hujan, dapat meningkatkan perindukan nyamuk aedes aegypti sebagais aran menularkan penyakit DBD, karena saat musim hujan banyak sampah berserakan, seperti kaleng bekas, kemasan minuman, dan sarana lainnya yang menjadi tempat genangan air.

Langkah mencegah DBD, masyarakat harus aktif melalui gerakan 3M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.

”Selain itu, masyarakat harus segera membawa keluarganya ke sarana kesehatan bila ada yang sakit dengan gejala panas tinggi yang disertai adanya tanda-tanda perdarahan,” ujarnya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here