Masyarakat Dukung Pembangunan Pelabuhan

0
464
BONGKAR MUAT: Para pekerja sedang melaksanakan aktivitas bongkar muat di Pelantar II, Tanjungpinang. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepri pada 2018 berencana menyambungkan pelabuhan bongkar muat di daerah Pelantar I dan II, Kota Lama Tanjungpinang. Sehingga proses bongkar muat bisa lebih cepat.

Terkait hal ini mendapat dukungan dari masyarakat, mulai dari buruh kapal, pemilik toko serta pedagang. Salah satu pemilik toko, Aseng mengaku, sudah mendengar rencana pembangunan tersebut. Hanya saja, terkait realisasi pembangunan dan selesai belum diketahui.

Kini bongkar muat barang lambat, maka barang akan lama sampai di pasar atau pemilik toko. Ini mengakibatkan harga barang juga lebih mahal. “Sebab semakin lama proses bongkar muat maka biaya semakin besar,’ tuturnya.

Baca Juga :  Pasar Pelantar Dilengkapi Papan Informasi Harga

Sesuai informasi yang diterima Tanjngpinang Pos, dermaga itu akan dibangun panjang sekitar 230 meter. Sehingga, beberapa kapal bisa bersandar sekaligus dan bongkar muat. Kemudian, akan dibangun juga gudang besar di sana.

Terkait Detail Engineering Design (DED) sudah dibuat oleh dinas terkait yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri. Terkait ini, juga sudah dibahas bersama Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah belum lama ini. Intinya, sama-sama mendukung percepatan pembangunan pelabuhan. Sehingga biaya bongkar muat lebih murah dan terpenting, barang sampai ke masyarakat lebih cepat dari waktu sekarang.

Baca Juga :  PU Buat Dua Kolam untuk Mengecah Lumpur Tak ke Jalan

Dengan adanya pembangunan pelabuhan bongkar muat yang baru sangat menunjang kinerja para buruh yang melakukan aktifitas yang tinggi di pelabuhan.

Aktivitas bongkar muat barang cukup tinggi dengan berbagai barang kebutuhan. Kondisi didermaga pelantar saat ini, kurang layak untuk dilakukan bongkar muat. Penyanggah kapal dan dermaga hanya dibatasi dengan tiang seadanya dan ban bekas. ”Sangat bagus kalau pelabuhan diperbaiki dan perbesar, kondisi pelabuhan ini juga sudah lama dan tidak tertata,” katanya Kamis (2/11).

Bila pelabuhan diperbaiki, secara otomatis akan meningkatkan aktivitas bongkar muat yang tentunya meningkatkan perekonomian. ”Pelabuhan bagus diikuti dengan pelayanan baik yang diharapkan semua elemen,” paparnya.

Baca Juga :  Pedagang Pasok Kelapa dari Jambi

Buruh becak berharap, dengan adanya pembangunan pelabuhan berdampak pada ekonomi mereka. Minimal akan banyak barang diantarkan. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here