Masyarakat Harus Manfaatkan Potensi Maritim

0
815
TINJAU: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meninjau angkutan barang menggunakan kapal kecil di Natuna, kemarin. Nurdin juga menggelar Safari Ramadan di berbagai tempat Natuna dan dialog dengan masyarakat.f-istimewa/humas pemprov kepri

NATUNA – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melakukan Safari Ramadan ke Natuna sejak Sabtu (3/6) hingga Minggu (4/6). Di Natuna, Gubernur yang didampingi sejumlah pejabat provinsi meninjau Pasar Rakyat Sedanau sekaligus membagikan takjil kepada masyarakat.

Ia juga menyempatkan diri untuk buka bersama sekaligus salat berjamaah. Nurdin mengatakan, kunjungannya ke Sedanau untuk silaturahmi dengan masyarakat, sekaligus meninjau lokasi kebakaran yang belum lama terjadi.

”Kunjungan ini adalah bagian dari tugas kerja pemerintah provinsi untuk melihat langsung keadaan masyarakat di Natuna khususnya di Kelurahan Sedanau,” kata Gubernur Nurdin di Ranai, Minggu (4/6).

Selain ke Kelurahan Sedanau, Gubernur Nurdin beserta rombongan mengunjungi Desa Pulau Tiga Kecamatan Pulau Tiga Barat. Selama di sana, Gubernur Nurdin mengadakan dialog dengan masyarakat.

”Pulau tiga memiliki potensi yang sangat besar baik di bidang perikanan maupun pariwisatanya. Masyarakat di sini harus bisa memanfaatkan potensi ini untuk kesejahteraan mereka,” ucapnya.

Setelah melakukan kunjungan kerja di dua desa, Gubernur Nurdin dijadwalkan akan melanjutkan Safari Ramadan di Masjid Agung Natuna.
Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, pemerintah daerah berterimakasih kepada Gubernur Kepri yang sudah meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan masyarakan Natuna. Karena pemerintah provinsi juga mempunyai tanggung jawab dalam pembangunan daerah khususnya Natuna.

Baca Juga :  Jembatan 2 Ditutup, Warga Dompak Curhat ke Isdianto

”Ini agenda rutin tahunan Gubernur Kepri dalam rangka Safari Ramadan di setiap kabupaten kota di wilayah kepri. Kita selaku pemerintah daerah turut mendampingi,” ujar singkatnya.

Gubernur Kepri H Nurdin mengajak umat muslim memanfaatkan betul hikmah pada sepuluh kedua Ramadan ini. Sepuluh Ramadan pertama akan segera lewat. Karena itu, umat muslim pun diajak untuk mengambil manfaat 10 Ramadan kedua.

Pada 10 hari pertama bulan Ramadan Allah SWT memberikan rahmat dan limpahan pahala dari berbagai amalan yang dilakukan selama puasa. Sementara keutamaan 10 hari kedua Ramadan, Allah membukakan pintu magfirah atau ampunan yang seluas-luasnya.

”Terus berdoa dan zikir untuk memohon ampunan Allah,” kata Nurdin.
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak masyarakat Kepri untuk terus memakmurkan masjid sepanjang Ramadan 1438 Hijriyah ini. Setelah melewati sepuluh Ramadan yang pertama, masyarakat diajak mengambil manfaat pada sepuluh Ramadan kedua.

Baca Juga :  Mappilu-PWI Gelorakan Pemilu Damai dan Bermartabat

”Sepuluh yang pertama mau lewat. Penuh rahmat dan saatnya kita sambut sepuluh Ramadan yang kedua,” kata Nurdin di Masjid Raya An Nur, Sedanau Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Sabtu (3/6). Di masjid ini juga, Gubernur dan rombongan juga melaksanakan buka puasa bersama.

Sepanjang Sabtu hingga Senin (5/6), Nurdin dan rombongan melaksanakan Safari Ramadan di Kabupaten Natuna. Gubernur mengatakan, datangnya Bulan Suci Ramadan memberi berkah bagi semua umat. Saat Ramadan, misalnya ada transaksi perekonomian yang lancar dan melibatkan semua komponen masyarakat.

”Ramadan ini semua menikmati. Keberkahan ini untuk semua umat,” kata Nurdin saat Safari Subuh di Masjid Adz Zikra, Sedanau, Natuna, Sabtu (4/6).
Nurdin dan rombongan melaksanakan Safari Subuh dalam rangkaian kunjungan Ramadan-nya ke Kabupaten Natuna.

Pada kesempatan itu, Nurdin menyampaikan pentingnya untuk terus bersyukur atas nikmat yang diberikan Yang Maha Kuasa. Karena, nikmat yang diberikan tidak bisa dituliskan walaupun menghabiskan seluruh lautan di dunia sebagai tintanya.

Baca Juga :  Peringati Tahun Baru Hijriah, Mahasiswa dan Dosen STAI MU Gelar Doa dan Zikir Bareng

”Bersyukurlah kita diberi nikmat sehat dan nikmat lainnya,” kata Nurdin.
Pada kesempatan itu, tausiah subuh disampaikan Ketua MUI Kepri H Azhar Hasyim. Menurut Azhar, jika pemimpin negeri mengajak salat berjamaah, tak mungkin tidak pergi.

”Kita diajak pada kebaikan oleh pemimpin negeri ini, masak tak pergi,” kata Azhar.

Tampak hadir pada Safari Ramadan di Natuna ini, anggota DPRD Kepri Tawarich, Danrem 033 WP Brigjen TNI Fachri, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma R Eko. Hadir juga Wakil Bupati Natuna, Ngesti.

Dari OPD Kepri hadir PLH Sekda Raja Ariza, Kadis Pendidikan Arifin Nasir, Kadis Keluatan dan Perikanan Edy Sofyan, Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana, Kadis Pemuda dan Olahraga Maifrizon.

Kadis Perhubungan Jumhur Ismail, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Burhanudin, Karo Humas Protokol dan Penghubung Nilwan, Karo ULP Misbardi, dan Karo Kesra Tarmidi. (cr25/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here