Masyarakat Kenakan Baju Kurung 5 Hari

0
548
Bupati Natuna Hamid Rizal dan Sekda serta beberapa kepala OPD saat mengenakan baju kurung pada upacara HUT ke-18 Natuna tahun lalu. F-ISTIMEWA

Bupati Natuna Hamid Rizal mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan kepada masyarakat agar mengenakan baju kurung selama pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ke-9 yang akan di Kecamatan Bunguran Timur Laut sejak Tanggal 26 bulan ini.

NATUNA – Surat edaran itu dialamatkan kepada seluruh elemen di Natuna, mulai dari tingkat pemerintahan hingga masyarakat umum tanpa terkecuali. ”MTQ ini merupakan pagelaran besar di daerah kita dan mulia di hadapan kita semua. Bagus kiranya kalau acara ini kita hargai, dan dimeriahkan dengan budaya kita sendiri,” kata Bupati Hamid, melalui surat edaran yang diedarkan sejak Jumat (23/3), kemarin.

Menurutnya, kemuliaan Al-Quran harus dijunjung tinggi melalui hati, pikiran, lisan dan prilaku yang mulia. ”Menjunjung tinggi ajaran yang terkandung dalam Aluran adalah kewajiban kita sebagai umat Islam. Pada momen ini, kami memuliakannya dengan cara berpakaian adat yang penuh dengan kesopanan. Kami ingin semua masyarakat beserta segala latar belakangnya memgenakan baju adat kurung. Saya rasa ini mulia sekali,” ungkapnya.

Selain tujuan dan maksud di atas, Hamid berharap langah itu bisa mendatangkan multiplier effect dalam upaya menghidupkan kembali budaya dan tradisi luhur yang telah diwariskan nenek moyang.

”Mudah-mudahan dengan ini masyarakat bisa membumikan budaya kita dan berdampak baik pada upaya pengembangan pariwisata Natuna. Momen-momen seperti ini saya rasa tepat untuk menyeragamkan tampilan dalam kebudayaan,” tutupnya.

Surat edaran yang dikeluarkan yakni, dengan nomor 005/181/KBTL/2018 diserahakan kepada masyarakat umum melalui kecamatan. ”Ya, isi perintahnya sejak hari ini masyarakat mengenakan baju kurung. Suaratnya sudah diedarkan melalui kecamatan,” kata Kabag Humas Pemkab Natuna, Budi Darma.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here