Masyarakat Minta Pemerintah Bersihkan Drainase

0
917
DRAINASE: Lumpur atau tanah mengendap di drainase jadi penyebab di Jalan DI Panjaitan Km IX Tanjungpinang rentan banjir.F-Andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Hitungan beberapa satu jam hujan pasti menyebabkan hujan di kawasan Jalan DI Panjaitan Km IX Tanjungpinang. Ini disebabkan drainase yang mungkin tersumbat serta dangkal. Sehingga curahan air hujan tidak bisa mengalir dengan cepat.

Dengan seringnya banjir, Muhammad Arifin, salah satu warga Km IX Tanjungpinang, berharap kepada pemerintah untuk menggali dalam upaya memperdalam atau menbersihkan tanah atau sampah yang berada di dalam drainase tersebut. Tujuannya agar air bisa mengalir dengan cepat dan lancar.

”Ini saja bisa dilihat tanah menumpuk,” ungkapnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (4/5) sambil menunjukkan drainase tersebut.

Baca Juga :  Ramadan, Banyak Masyarakat Jual Emas

Dia mengatakan, sudah tidak lagi berbentuk drainase karena sudah dipenuhi tanah atau lumpur. Ini yang membuat air langsung menguap di jalan raya saat hujan turun. Kalau sudah banjir, terangnya, air bisa selutut orang dewasa.

”Kita berharap pemerintah gali tanahnya, biar air bisa lancar mengalir sembari melakukan perluasan atau langkah lainnya” harap dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang, Amrialis mengatakan, pihaknya ingin membenahi drainase tersebut, tetapi bukan wewenang Dinas PU Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Fasilitas Taman Laman Boenda Rusak Parah

”Itu (drainase, red) wewenangnya Dinas PU Provinsi Kepri. Kita sudah melakukan koordinasi, tetapi belum ada jawaban dari Dinas PU,” kata dia sambil menyarankan ke Dinas PU Provinsi Kepri.

Hingga berita ini terbit, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri, Syaed Wahidin S belum memberikan keterangan saat di konfirmasi oleh awak media ini.

Pantauan di lapangan, kedalaman drainase diperkirakan tinggal satu jengkal dari seharusnya diperkirakan satu meter. Sisanya merupakan tumpukan tanah atau lumpur di dalam drainase tersebut. Ini yang membuat air menjadi sulit mengalir.

Baca Juga :  BC Perketat Daerah Perbatasan

”Ini fungsinya bukan kayak drainase namun tempat tanah,” terangnya. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here