Masyarakat Pulau Jangan Tergesa Jual Lahan

0
742
Indrayana

ANAMBAS – SEMAKIN maraknya isu jual beli tanah di pulau, pihak DPRD Anambas meminta warga untuk bersabar. Anggota DPRD Anambas yang juga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indrayana menyampaikan, masyarakat jangan tergesa-gesa menjual tanah.

Hal itu dikhawatirkan untuk disalahgunakan. Sebab, lahan di pulau sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai tempat pariwisata. Pasalnya, dikhawatirkan pulau tersebut pembelinya adalah broker yang nantinya malah membuat pembangunan pariwisata menjadi terhambat. Sebelumnya, informasi yang beredar di masyarakat bahwa ada oknum PTT yang menjual lahan di pulau.

Baca Juga :  Polsek Siantan Sita 1.500 Bungkus Komix

”Kadin tidak mempersoalkan masyarakat yang ingin memperjualbelikan lahan, atau pulau miliknya yang memiliki potensi. Meski demikian, patut disayangkan apabila pulau tersebut dibeli oleh broker,” kata Indrayana, Selasa (10/10).

Saat ini, sudah terdapat sejumlah pulau yang telah dibeli oleh pihak luar. Namun, patut disyukuri beberapa pulau tersebut langsung dibangun resort atau lainnya.

”Ada informasi, bahwa ada pulau yang dibeli namun tidak dibangun. Informasi tersebut disinyalir pembelinya hanya menyimpan pulau tersebut, sambil menunggu pembeli lain dan menjualnya dengan harga yang tinggi,” ungkap Indrayana.

Baca Juga :  Tiba Hari Ini, Susi Ingin Tidur Ditenda

Untuk itu, Indrayana menyarankan kepada masyarakat untuk menggunakan pola kerja sama apabila lahan yang dimiliki memiliki potensi dan ada peminat untuk mengembangkannya.

”Dengan pola kerja sama itu, masyarakat tidak akan kehilangan aset miliknya. Namun mendapatkan keuntungan,” paparnya.

Kendati demikian, karena hasil yang diperoleh dari sistem kerja sama akan dapat dinikmati secara berkelanjutan. ”Hal ini harus sama-sama mesti dipahami oleh masyarakat,” tukasnya.

Pardan salah seorang masyarakat mengatakan, saat ini banyak broker tanah berkeliaran. Broker tersebut, mencari lahan-lahan yang berpotensi dikembangkan.

Baca Juga :  Pertamina Harus Bangun Depo di Anambas

”Bahkan ada pulau milik warga yang telah dibayar uang panjar terlebih dahulu, sebelum lahan itu dicarikan pembelinya,” imbuhnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here