Masyarakat Sambut Tahun Baru Islam

0
135
BARISAN anak-anak saat mengikuti pawai taaruf dalam menyambut kedatangan Tahun Baru Islam. f-istimewa

ANAMBAS – Mulai dari kataman Alquran hingga pawai taaruf dilaksanakan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam penyambutan datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah dan berlangsung meriah.

Tepat tanggal 1 Muharam dilaksanakan pawai taaruf, yang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pawai tersebut diikuti oleh ribuan orang, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SLTP, SLTA hingga tingkat umum yang terdiri dari masyarakat serta sejumlah pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas.

Pawai taaruf dilepas oleh Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH, disaksikan sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten serta tokoh masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Seluruh peserta pawai mengenakan pakaian muslim dan muslimah dan ada juga yang mengenakan pakaian Ikhram dan baju kurung Melayu yang rata-rata berwarna putih.

Acaranya dilaksanakan secara serentak, meskipun terbagi tujuh kecamatan.

”Mudah-mudahan, dengan bergantinya tahun pembangunan semakin baik sehingga masyarakat Anambas bisa lebih sejahtera, amin,” ungkap Abdul Haris, sesaat sebelum melepas peserta pawai. Menurutnya, pawai taaruf ini merupakan wujud nyata memajukan segala sisi pembangunan baik itu bidang sosial, budaya, ekonomi kesehatan dan agama.

”Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas mengucapkan selamat tahun baru islam 1 Muharam 1440 Hijriah,” ungkapnya lagi.

Dirinya mengajak agar masyarakat bersama-sama berserah diri, agar masyarakat Anambas lebih makmur.

”Semoga Anambas lebih mapan, maju dan Makmur Anambas. Semoga Allah berkahi semua dan memberikan hidayahnya kepada kita semua amin,” ungkapnya dengan penuh semangat tahun baru.

Sebelumnya, Ketua panitia penyambutan tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah Rio Rizal menjelaskan, pawai tersebut bertujuan untuk meningkatkan keimanan umat muslim di Indonesia khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas. ”Pawai ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan kita,” kata Rio.

Ia menambahkan, pawai tersebut diikuti oleh jika sekitar 30 kafilah. Namun, untuk jumlah peserta mencapai ribuan. ”Pawai ini diikuti sekitar 30 kafilah dari tingkat PAUD hingga SLTA hingga umum,” jelasnya.

Diketahui, pawai ta’ruf sering dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas. Mulai dari menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah, malam datangnya 1 syawal dan Hari Raya Idul Adha. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here