Masyarakat Serasan Nantikan Embung Air

0
705
MANDI: Beberapa anak-anak sedang mandi di salah satu saluran air milik PDAM. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – PERSOALAN air bersih di Kabupaten Natuna masih menjadi poin utama, yang harus dibenahi dan dipenuhi untuk kebutuhan masyarakat. Seperti di dua kecamatan di Pulau Serasan, yakni Kecamatan Kecamatan Serasan, dan Kecamatan Serasan Timur agar pembangunan embung untuk air bersih sudah sangat dinantikan.

”Pembangunan embung rencananya akan dibangun pada tahun 2018 nanti,” Kata Pang Ali, anggota DPRD Natuna di kantornya, di kantor, kemarin.

Ia menjelaskan, untuk lahan seluas 5 hektare sudah disediakan oleh pemerintah daerah untuk pembangunan embung yang diperuntukkan pengelolaan air bersih. ”Kalau lahan sudah siap, dan ada sekitar 5 hektare luasnya dan lahan itu milik pemkab Natuna. Jadi hanya tinggal pembangunannya saja,” ungkap Pang Ali .

Ia menambahkan, saat ini pembangunan saluran irigasi sudah siap dibangun hanya tinggal pembangunan embung. Dengan adanya embung tersebut, air tingga tinggal aliri melalui saluran irigasi tersebut. ”Embung itu, nantinya akan mengaliri air ke dua kecamatan saja. Karena sarana pendukung seperti irigasi sudah ada untuk du a kecamatan itu,” jelasnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya pembangunan embung tersebut menjadi solusi ketika musim panas. Sehingga, warga di dua kecamatan tidak akan kesulitan mendapatkan air bersih. ”Pada intinya dengan adanya pembangunan embung, kita bisa merasakan nikmatnya air bersih,” pungkasnya.

Menurutnya, air merupakan kebutuhan dasar untuk kehidupan manusia.
Sehingga, kebutuhan air bersih mutlak harus dipenuhi untuk masyarakat.
Ia mengingatkan, persoalan lingkungan harus dijaga agar sumber air tetap terjaga.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here